Nasional

Tilap Uang Nasabah Rp 2,3 Miliar, Teller BRI Ditangkap

Foto: Rika teller bank ditangkap polisi

GILANGNEWS.COM - Rika (28) teller Bank diamankan Dirkrimsus Polda Sulsel setelah menilap uang puluhan nasabah Bank BRI di Makassar. Pelaku mengelapkan uang nasabah lebih dari Rp 2,3 Miliar.

"Jadi Rika ini dia adalah seorang teler pada saat nasabah menyetorkan tabungan Rika menerima uang tersebut kemudian Rika membuat slip dari pada laporan sesuai, namun Rika laporkan ke Bank itu tidak sesuai," kata Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Dicky Sondani, di Polda Sulsel, Jalan Printis Kemerdekaan, Rabu. (30/1/2019).

"Kejahatan tersebut dan apresiasi BRI untuk melaporkan kejahatan yang salah satu oknum teller BRI, kita ingatkan bank lain untuk melaporkan," imbuhnya.


Rika nekat menilap miliaran uang nasabah dengan modus slip nasabah palsu, bahkan Rika nekat memalsukan tanda tangan nasabah agar leluasa mengambil uang nasabah yang telah disetorkan pada saat mencetak buku tabungan.

"Misalkan jumlah uang 10 juta tapi dilaporkan 5 juta, nasabah tetap menerima slip 10 juta. Rika juga melakukan kejahatan mengambil slip dan palsukan tanda tangan nasabah, pada saat nasabah mencetak buku tabungan, seolah diambil, Rika ini bisa menarik, melalui program excel," jelasnya.


Rika nekat menjalankan aksinya dengan mengambil uang miliran Rupiah milik nasabah untuk memenuhi kebutuhannya. Rika tercatat telah membeli mobil, dua unit motor, perhiasan hingga membiayai satu proyek.

"Dana nasabah digunakan tersangka melunasi utang, membayar uang muka roda empat, emas, dua unit roda dua dan membiayai satu proyek," paparnya.

Tercatat Rika yang seorang diri menjalankan aksinya sejak April 2018 hingga saat ini. Rika akhirnya diciduk setelah pihak Bank melaporkan ke Polda Sulsel lantaran mengalami kerugian.

"Iya dia lakukan kejahatan sejak April 2018 dan dilaporkan ke polisi Sabtu . Untuk sementara hasil pemeriksaan bahwa dia masih melakukan sendiri karena di unit itu teler cuman 1 orang sendiri, beda dengan cabang bisa teler 1 sampai 5 orang," paparnya.

Kini Polda Sulsel meminta pihak Bank lain untuk tak segan melaporkan oknum Bank jika terlibat penipuan hingga menilap miliaran uang jemaah. Tercatat hingga kini ada 47 nasabah dengan 50 rekening Bank BRI telah menjadi korban Rika. Rika kini harus mempertangungjawabkan perbuatannya dan mendekam di Rutan Polda Sulsel.

 


Tulis Komentar