Nasional

HUT DKI Jakarta ke-492 Telan Biaya Rp20 Miliar

Suasana pesta kembang api dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-491 DKI Jakarta pada gelaran Jakarta Fair 2018.

GILANGNEWS.COM - Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-492 DKI Jakarta menelan biaya hingga Rp20 miliar. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Edy Junaedi mengatakan biaya ini diperuntukkan untuk semua kegiatan yang masuk dalam rangkaian perayaan peringatan HUT tersebut.

Biaya dikelola oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta. Biaya paling banyak digunakan untuk  penyelenggaraan Jakarnaval dan kontes Abang None.

Jakarnaval adalah salah satu rangkaian acara Ultah DKI dengan konsep karnaval."Semua dananya itu diambil murni semua dari APBD DKI Jakarta. Dianggarkan semuanya," ujar Edy kepada media, Jumat (21/6).

Adapun rute yang nantinya akan digunakan untuk kegiatan tersebut  ialah dari Balaikota - Patung Kuda - Bundaran HI - Monas. Acara Jakarnaval ini diselenggarakan pada 30 Juni, pukul 15.00 WIB hingga 17.30 WIB.

Acara tersebut mengangkat tema "Wajah Baru Jakarta". Edi mengatakan pesta karnaval ini akan menampilkan pawai budaya, kesenian dan parade mobil hias.

Peserta pawai dan parade melibatkan warga Jakarta, pelajar, pekerja seni dan komunitas. Tak hanya Jakarnaval, setidaknya ada dua acara yang akan digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta dalam perayaan tersebut, Jakarta Beats Society (JBS) di Lapangan Banteng dan Seribu Island Indie Festival di Pulau Tidung.

JBS sendiri mengusung tema musik dan akan menampilkan musik-musik dari kebudayaan Betawi hingga musik modern.

"Akan menampilkan Gambang Kromong dan Kroncong Tugu, Musik modern seperti Musik Reggae, Musik Sufi Moderen, dan Musik indie kreatif," ujar Edy.

Untuk menarik perhatian dunia internasional, DKI Jakarta akan mendatangkan seorang tokoh World Music Amerika yang memenangkan Grammy Award yaitu Chris Berry. Chris akan mengisi acara di JBS Lapangan Banteng.

"Diharapkan dengan adanya ini bisa meningkatkan turis dari mancanegara di Jakarta," kata EdyTerakhir, Seribu Island Indie Festival akan diisi dengan menghadirkan Pusakata, Danilla dan Sisitipsi.

Ketiga artis tersebut merupakan idola baru bagi anak muda Jakarta, diharapkan dengan kehadiran ketiga artis ini dapat meningkatkan kunjungan ke kepulauan seribu. Seribu Island Indie Festival akan diselenggarakan pada tanggal 22 Juni 2019, mulai pukul 15.00 WIB hingga 00.00 WIB. Dan JBS bisa dinikmati tanggal 28 hingga 30 Juni 2019.

Pada hari pertama (28/06) acara dimulai pukul 19.00 WIB hingga 20.00 WIB. Hari kedua dan hari ketiga acara dimulai pukul 10.00 WIB hingga 00.00 WIB.


Tulis Komentar