Nasional

Napi Gay dan Lesbian di Jabar Dipindah ke Sel Terpisah

Ilustrasi.

GILANGNEWS.COM -  Kemenkum HAM Jabar memberikan penanganan khusus untuk warga binaan yang punya orientasi seks menyimpang. Warga binaan yang mengalami homoseksual dan lesbian akan dipindahkan ke sel terpisah.

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kemenkum HAM Jabar Abdul Aris mengakui fenomena homoseksual dan lesbian terjadi di lapas dan rutan. Hal itu terungkap dari petugas yang memergoki perilaku tak wajar tersebut.

"Ketahuannya ya sering berduaan, makanya kalau udah begitu kita ambil langkah, tindakan," kata Aris via telepon, Senin (8/7/2019).

Ia menuturkan warga binaan yang terindikasi homoseksual dan lesbian akan dilakukan assessment terlebih dahulu. Nantinya yang terbukti akan dipisahkan dari warga binaan lainnya.

"Iya, kan dicek kamarnya, sudah berapa lama dia di situ, udah sejak kapan dia melakukan itu. Jadi terhadap pasangan itu dipisah, keduanya dipindahkan," ungkap dia.

Dia mengaku belum memiliki data jumlah warga binaan yang mengalami seks menyimpang. Ia memastikan jumlahnya tidak signifikan.

"Kita belum punya data lengkap. Tapi itu hanya beberapa kasus saja, persentasenya belum kita teliti lagi. Kita belum bisa sebutkan (lapas mana saja)," tutur dia.

Menurut Aris, tindakan yang sama juga berlaku kepada warga binaan lapas wanita. Warga binaan yang terindikasi lesbian akan dipindahkan ke sel lain.

Menurutnya salah satu faktor homoseksual dan lesbian ini karena kelebihan kapasitas lapas dan rutan di Jabar. Intensitas antar warga binaan di dalam sel membuat orientasi seks mereka menyimpang.

"Gini, jadi kalau tidur berdesak-desakan kadang memeluk tuh, mungkin ada kenikmatan sendiri buat dia, udah begitu berlanjut, yang dipeluk senang yang peluk senang, akhirnya berlanjut pacaran, sesama jenis," ujar dia.

 


Tulis Komentar