Nasional

BPPT Klaim Hujan Buatan Sukses Kurangi Titik Api di Riau

Ilustrasi.

GILANGNEWS.COM - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mengklaim teknologi modifikasi untuk menangani kebakaran hutan dan lahan berhasil menekan jumlah titik api (hotspot) di Riau.

Kepala BPPT Hammam Riza mengatakan pihaknya selama ini telah melakukan 103 kali penerbangan untuk membuat hujan buatan di seluruh Provinsi Riau. Hammam menyebut tren titik api hingga Agustus terpantau positif dan terus terus berkurang.

"Tim BBTMC BPPT sudah melakukan operasi di Riau ini selama lebih dari 120 hari. Hasilnya saya lihat tren nya positif ya. Titik api terus berkurang. Data terakhir di Posko menunjukkan titik api saat ini berhasil dikurangi,"ungkap Hammam melalui keterangan tertulis, Kamis (15/8).

Hammam mengatakan pihaknya berkoordinasi dengan BNPB, BMKG, TNI, dan pemangku kepentingan lain untuk mencegah agar titik api tidak meluas. Menurutnya, teknologi modifikasi cuaca berhasil membuat hujan diturunkan, sehingga titik api terus berkurang.

Disamping upaya penanggulangan, BPPT juga mengatakan pihaknya terus memperkuat pencegahan serta mitigasi bencana hidrometeorologi.

Hammam juga menekankan teknologi hujan buatan juga harus diperhitungkan sebagai kegiatan yang berdampak ekonomi dengan memperhitungkan aspek keselamatan dan kesehatan.

"Bukan sekedar memadamkan api, operasi teknologi modifikasi cuaca juga memperhitungkan keselamatan dan kesehatan masyarakat akibat kabut asap," imbuhnya.

Wartawan berupaya menghubungi Hammam untuk menanyakan biaya yang dihabiskan serta jumlah titik api yang berhasil dipadamkan di Riau, namun belum mendapatkan konfirmasi.


Tulis Komentar