Nasional

Kantor Majelis Rakyat Papua di Jayapura Dibakar Massa Pedemo

Ilustrasi.

GILANGNEWS.COM - Gedung Majelis Rakyat Papua (MRP) di Kotaraja, Jayapura, Kamis (29/8) dibakar massa pengunjuk rasa. Tak ada korban dalam insiden ini.

"Memang benar kantor MRP dibakar, Kamis (29/8) sekitar pukul 14.00 WIT oleh para pendemo," kata anggota MRP Tony Wanggai seperti dikutip dari media, Kamis (29/8).

Tony mengatakan, saat ini seluruh anggota MRP sedang berada di luar Papua karena sedang melakukan kunjungan kerja.

Kunjungan anggota MRP dibagi empat tim, yakni ke Makassar, Denpasar, Yogyakarta, dan Manado untuk melihat langsung kondisi mahasiswa asal Papua yang sedang kuliah.

Selain memantau mahasiswa Papua, anggota MRP juga bertemu dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) untuk meminta jaminan keamanan bagi mahasiswa asal Papua serta penegakan hukum terhadap pihak-pihak yang melakukan rasisme dan persekusi.

Sementara itu situasi Kota Jayapura dan sekitarnya nampak mencekam, aktivitas masyarakat lumpuh total. Para pendemo yang berjumlah ribuan orang melakukan aksi perusakan dan pembakaran di sepanjang jalan yang dilewati. Bahkan jaringan telepon saat ini sudah tidak bisa lagi digunakan.

Belum ada pernyataan resmi dari kepolisian terkait aksi pembakaran gedung MRP tersebut.


Tulis Komentar