Nasional

Sabtu Pagi, Aktivitas Warga Jayapura Berangsur Normal

Kondisi Jayapura Pascarusuh

GILANGNEWS.COM - Aktivitas masyarakat Jayapura, Papua pada Sabtu (31/8) kembali normal setelah demo anarkis di kota tersebut pada Kamis (29/8).

Antara melaporkan pada Sabtu pagi bahwa warga terlihat mulai memadati pasar, baik pasar sentral, pasar pagi Paidam, dan juga tempat pelelangan ikan (TPI) Hamadi.

Di pasar tersebut, sebagian besar pedagang sudah menggelar lapaknya seperti biasa dan ramai seperti biasa.

"Alhamdulilah, kami sudah bisa berjualan. Walaupun stok sayur yang dijual masih terbatas karena pengiriman dari petani terbatas," kata Ningsih, salah satu pedagang di Pasar Hamadi, Distrik Jayapura Selatan.

Tak hanya di pasar, pertokoan di Jayapura, Papua juga mulai berangsur normal. Toko yang tak terkena dampak demo anarkis mulai membuka tokonya. Sedangkan yang terkena dampak seperti dilempar batu atau dibakar mulai dibersihkan dari puing-puing kerusakan.

Kawasan pertokoan di Entrop, termasuk wilayah terparah yang terdampak akibat aksi anarkis yang dilakukan para pendemo. Puluhan ruko dibakar dan dirusak, demikian pula kendaraan baik roda dua dan empat yang diparkir di depan ruko.

Lihat juga: Rusuh, BI Pastikan Kantor Perwakilan Jayapura Tetap Operasi

"Kami belum bisa membuka toko, karena bagian depan toko termasuk yang dirusak dan dibakar," kata Martha, pramuniaga di salah satu toko yang berlokasi di Entrop, Papua.


Tulis Komentar