Riau

Pekanbaru Terima Predikat Kota Layak Pemuda

Firdaus.

GILANGNEWS.COM - Kota Pekanbaru mendapat predikat sebagai Kota Layak Pemuda. Penghargaan itu akan diserahkan langsung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT mengatakan, Kota Pekanbaru sudah melewati penilaian Kemenpora, bagi daerah-daerah yang memajukan kegiatan kepemudaan di dalam pembangunan.

"Artinya membangun sumber daya manusia, bagaiman kita memberi peran kepada pemuda sebagai penggerak pembangunan, ini melalui seleksi yang sangat ketat, dan Alhamdulillah tahun ini Kota Pekanbaru menjadi salah satu penerima penghargaan kota layak pemuda," kata Walikota, Senin (28/10/2019).

"Nanti sore saya berangkat ke Jakarta dan malam nanti acaranya. Puncak dari peringatan hari sumpah pemuda ini memberikan reward kepada daerah-daerah yang diprediksi kota layak pemuda. Alhamdulillah kota Pekanbaru juga menjadi," kata dia.

Kepala Dispora Kota Pekanbaru Zulfahmi Adrian mengatakan, pihaknya memang sudah mempersiapkan sejak beberapa waktu lalu agar Kota Pekanbaru ditetapkan sebagai kota layak pemuda. Ada berbagai indikator penilaian memang disiapkan jauh hari.

"Kemarin September akhir dan Oktober awal, tim dari Kemenpora datang ke kota untuk menilai. Untuk meraih Kota Layak Pemuda sesuai dengan usulan yang kita sampaikan," kata dia.

"Kota Pekanbaru terpilih dalam 100 besar, setelah itu ditentukan 20 kabu/kota. Alhamdulillah berkat kerja keras ini, dan dukungan penuh dari Pemko, kita sudah mendapatkan predikat kota layak pemuda," tambahnya.

Lanjutnya, penilaian yang dilakukan, dari berbagai indikator, salah satunya adalah regulasi. Kata dia, walikota sudah mengeluarkan Perwako tentang kepemudaan, kemudian menyiapkan naskah akademis Perda tentang kepemudaan dan sudah masuk Prolegda tahun 2020 yang akan dibahas DPRD Pekanbaru.

"Mudahan dapat diprioritaskan, karena ini sangat penting untuk memberikan garansi atau kepastian hukum dalam rangka memberikan pembinaan potensi pemuda khususnya di Pekanbaru," jelasnya.


Tulis Komentar