Nasional

Kenapa Elektabilitas Agus ungguli Anies, Ternyata In Penyebabnya

Agus Yudhoyono

JAKARTA (GILANG News) - Juru bicara Partai Demokrat Rachland Nashidiq menyambut baik hasil survei SMRC yang menyebut bahwa elektabilitas pasangan Agus Yudhoyono-Sylviana Murni di atas Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Pasalnya, Agus sendiri baru terjun ke kancah politik.

Ditambah lagi, pasangan yang diusung Koalisi Cikeas itu melakukan kampanye baru beberapa pekan terakhir ini. "Survei itu kan tanggal 1 sampai 9 Oktober, sementara Agus-Sylvi baru turun (kampanye) tanggal 4 Oktober. Jadi, dapat 22 persen dalam seminggu itu ya something. Apalagi survei kami (Demokrat) 23 September baru 1,7 persen," kata Rachland ketika dihubungi, Sabtu (22/10/2016).

Elektabilitas Agus-Sylvi dalam survei tersebut adalah 22,4 persen, sedangkan Anies-Sandiaga 20,4 persen. Adapun pasangan petahana Basuki T Purnama-Djarot Saiful Hidayat dengan mengantongi 45,4 persen dan masih menjadi pemuncak.

Di sisi lain, Rachland memandang bahwa sosok Agus Yudhoyono yang merupakan wajah baru di kancah politik menjadi faktor yang sangat berperan dalam peningkatan elektabilitas ini. Masyakarat, menurutnya, mulai jenuh dengan tokoh-tokoh politik lama. "Faktor kejut, wow effect membuat Agus jadi lebih menarik. Masyarakat melihat Pilkada DKI ini sebagai jembatan peralihan ke generasi politikus baru," tuturnya.

Akan tetapi, hasil survei SMRC tidak membuat pihaknya terlena karena target pasangan Agus-Sylvi sendiri adalah memenangkan pilkada. "Ini (survei SMRC) berita gembira dan membuat Agus, Sylvi, dan tim lebih bersemangat," tandasnya. (dil)

Link: JPNN
 


Tulis Komentar