Legislator

Tak Datang Diundang, Dua Kadis Diminta Mundur Aja

Suasana rapat bersama Pansus Ranperda SOTK

GILANGNEWS.COM - Rapat awal Pansus Ranperda SOTK Kota Pekanbaru, terkait pembahasan rancangan peraturan daerah (ranperda) kota Pekanbaru nomor 9 tahun 2016 tentang pembentukan susunan perangkat daerah  kota Pekanbaru langsung dihadiri penanggungjawab pansus, Ginda Burnama.

Dan dalam rapat ini, Ginda dibuat kesal karena ketidakhadiran dua OPD tepat waktu, bahkan satu OPD lagi tidak datang sama sekali dan tanpa koordinasi. Dua OPD itu adalah Dinas Komunikasi dan Informasi, dan Dinas Pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Sejatinya dalam rapat pansus ini diundang lima OPD sekaligus, yakni Dinas Perhubungan, Badan Kesbangpol, Dinas Pertanian Kota Pekanbaru. Namun Diskominfo datangnya telat saat rapat akan berakhir, dan Dinas Pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak tidak datang sama sekali.

"Bagaimana bisa memperjuangkan program walikota jika untuk berkoordinasi saja tidak bisa,'' tegas Ginda saat tahu ada dinas/badan tidak datang," tanyanya diruang rapat, Selasa (17/12).

Dia juga sangat menyayangkan prilaku ini. "Sangat disayagkan untuk dinas perlindungan perempuan dan anak, padahal Sudah diundang, jangankan kadisnya, Sekretaris pun tak datang, dan tidak ada koordinasi," tuturnya kesal.

Dia juga mempertanyakan, bagaimana bisa bersinergi dengan baik, dan bagaimana bisa memperjuangkan program walikotanya kalau dinas nya seperti ini . "Saya pertanyakan keseriusan nya, kalau tidak serius lebih baik sampaikan surat pengunduran diri," ungkap Ginda kesal.

Pansus Ranperda SOTK ini sendiri diketuai oleh Zainal Arifin. Diundangkannya Lima OPD tersebut oleh Pansus karena masih ada beberapa OPD di Pemko Pekanbaru yang masih Tipelogi B dan saat ini tidak relevan lagi setelah keluarnya Kemendagri No 11 tahun 2019.

"Maka dari itu untuk menaikkan Tipelogi OPD tersebut harus dilakukan revisi terhadap Perda SOTK No 9 Tahun 2016. Karena menurut hitung- hitungan kita OPD ini sudah layak dan pantas untuk dinaikkan tipenya" ujar Zainal.

Untuk itu semua, maka kita melakukan rapat dengan seluruh OPD terkait untuk melihat kesiapan mereka apakah sudah siap baik dari Infrastruktur dan SDM nya.

"Namun jika belum siap tentu tidak perlu dinaikkan, untuk mengetahui ini semua maka perlu dilakukan pembahasan dan langsung turun kelapangan bersama yakni seluruh anggota Pansus beserta tim ahli yang telah ditunjuk," ungkap Zainal.*


Tulis Komentar