Nasional

Jutaan Handphone Tak Bisa Gunakan WhatsApp Lagi, Punya Anda?

Ilustrasi.

GILANGNEWS.COM - Beberapa hari lalu, WhatsApp memastikan bahwa layanan pengiriman pesannya itu tak bisa lagi dipakai di sejumlah perangkat jadul. Penghentian layanan WhatsApp tersebut mulai berlaku Februari 2020 mendatang.

Para pengguna Windows Phone dan perangkat Nokia Lumia yang dikembangkan oleh Microsoft tidak akan bisa menggunakan WhatsApp selamanya. Saat ini WhatsApp memiliki 1,5 miliar pengguna aktif bulanan.

Pada awal tahun ini WhatsApp juga telah mengingatkan pengguna Windows Phone bahwa aplikasi ini bisa saja berhenti berfungsi kapan saja, seperti dikutip dari laman WhatsApp.

Microsoft mengembangkan bisnis ponsel setelah sepakat membeli Nokia Mobile Phone pada 2011. Sejak Juli 2019 WhatsApp sudah tak tersedia di toko aplikasi Windows Phone.

Microsoft sendiri berhenti mengembangkan Windows Mobile, sistem operasi (OS) ponsel milik Microsoft, pada 2017. Microsoft bahkan sudah secara terang-terangan meminta pengguna Windows Phone untuk beralih ke ponsel yang menjalankan KaiOS 2.5.1+, termasuk JioPhone dan JioPhone 2 atau hijrah ke android.

"Ini adalah keputusan sulit yang kami buat, tetapi hal yang terbaik yang ingin kami lakukan adalah memberikan cara terbaik bagi pengguna untuk berhubungan," ujar WhatsApp.

Dalam FAQ WhatsApp terbaru juga disebutkan WhatsApp tidak akan lagi mendukung semua ponsel android yang menjalankan OS Android 2.3.7 (Gingerbread) pada 1 Februari 2020.

WhatsApp juga tidak akan lagi bisa digunakan di perangkat iPhone yang menggunakan iOS8 dan lebih rendah. Kompatibilitas iOS 8 akan sepenuhnya dihapus pada 1 Februari 2020.

Jika hingga 1 Februari 2020 ponsel tidak diupdate ke sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich dan iOS 9 maka ponsel tidak akan bisa membuat akun baru atau memverifikasi ulang akun yang sudah ada.

WhatsApp mengatakan bahwa keputusannya untuk mengakhiri dukungan untuk beberapa ponsel Android dan iPhone ini tidak akan memengaruhi banyak pengguna lainnya.

WhatsApp menghentikan dukung ponsel ini karena fitur-fitur terbaru WhatsApp membutuhkan sumber daya yang berat dan membutuhkan ponsel dengan RAM yang cukup dengan OS terbaru.

Jadi untuk tetap bisa menggunakan WhatsApp setelah 1 Februari 2020, pengguna setidaknya harus menggunakan iOS 9 ataupun Android 4.0 Ice Cream Sandwich pada iPhone ataupun ponsel Androidnya.


Tulis Komentar