Riau

Akibat Fanatisme Terhadap Calon, Kuansing Masuk Tingkat Kerawanan Pilkada Paling Tinggi di Riau

GILANGNEWS.COM - Berdasarkan data dari Indeks Kerawanan Pilkada (IKP) secara nasional, dari 9 Pilkada serentak di Riau, tiga kabupaten yakni Kuansing, Meranti, dan Bengkalis masuk dalam tiga teratas daerah paling rawan konflik di Pilkada.

Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan mengatakan, bahwa Kuansing masuk dalam peringkat 47 secara nasional paling rawan. Kemudian disusul Kabupaten Kepulauan Meranti yang berada pada peringkat 64 nasional dilanjutkan Kabupaten Bengkalis posisi 99.

"Selanjutnya, yang agak lumayan adalah Dumai pada posisi 145 nasional dan Inhu 147 nasional. Kemudian Pelalawan 193 nasional, Siak 196 dan Rokan Hulu pada posisi 211 nasional. Dan dari 9 daerah yang paling aman dilihat dari nasional adalah Rohil yang berada di posisi 242 nasional," kata Rusidi Rusdan.

Rusidi mengatakan, Kuansing memang menjadi wilayah yang disorot karena fanatisme masyarakat terhadap calon sangat tinggi.

"Kita berharap dengan adanya pemetaan seperti ini, hendaknya penyelenggara dan pengawas setempat untuk melakukan pengawasan lebih intensif. Begitu juga semua pihak, baik itu peserta pilkada dan masyarakat tentunya harus bisa menjaga kondusifitas itu," tukasnya.


Tulis Komentar