Riau

Bank Syariah Mandiri Targetkan 100 Masjid di Pekanbaru Gunakan QRIS

Bank Syariah Mandiri Targetkan 100 Masjid di Pekanbaru Gunakan QRIS.

GILANGNEWS.COM - Selama tahun 2020, PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) Area Pekanbaru menargetkan 100 Masjid dan Musala yang ada di Pekanbaru menggunakan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) Mandiri Syariah.

Hal ini disampaikan oleh Area Funding dan Transaction Manager Pekanbaru Andi Oky kepada CAKAPLAH.com. Ia mengatakan, dengan penggunaan QRIS di masjid mempermudah jemaah untuk melakukan donasi secara non tunai, antara lain untuk kotak amal masjid, pembayaran wakaf, pembayaran zakat, infak dan sedekah.

"Biasanya masjid-masjid menggunakan kotak amal dalam mengumpulkan sedekah ataupun infak. Namun dengan adanya QRIS, jemaah hanya perlu melakukan scan barcode yang sudah disediakan dan otomatis infak sedekahnya akan masuk. Semudah itu," ujar Andi Oky.

Ia mengatakan, dengan QRIS ini juga, dalam bersedekah, jemaah akan lebih rahasia dan tidak diketahui oleh orang lain. Karena menggunakan Handphone, jadi hanya kita yang tahu.

"Apalagi kan dalam bersedekah sebaiknya memang tidak diketahui oleh orang lain. Nah, ini tentunya sangat cocok," cakapnya.

Dikatakan pria yang akrab disapa Oky ini, dengan QRIS hanya cukup dengan memiliku 1 QR Code sudah bisa menggunakan seluruh media pembayaran. Tak hanya Mandiri Syariah namun juga bisa Gopay, Link Aja, OVO dan lain sebagainya.

"Saat ini kita sudah MoU dengan Masjid-masjid paripurna yang ada di Pekanbaru dan sudah bekerjasama dengan kita. Insya Allah semuanya akan kita QRIS kan. Tak hanya masjid Paripurna saja, masjid-masjid dan Musala juga tentunya akan menjadi target kita juga," ucapnya.

Area Manager Mandiri Syariah Pekanbaru Syahrial Alrasyid menambahkan Mandiri Syariah adalah bank syariah pertama dan satu-satunya yang menjadi Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) implementasi QRIS.

"Sebelumnya Mandiri Syariah telah mempunyai fitur QR namun sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia dimana mulai 1 Januari 2020 pembayaran non-tunai wajib menggunakan QRIS," ucapnya.

QRIS merupakan solusi pembayaran digital yang mudah, cepat dan nyaman bagi masyarakat. Masyarakat cukup mengakses Mandiri Syariah Mobile dan memindai QR code di merchant-merchant yang telah bekerjasama dengan PJSP tanpa perlu melakukan top up.

Menariknya merchant-merchant Mandiri Syariah yang sudah menggunakan QRIS dapat menerima pembayaran dari semua Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) yang telah mengimplementasikan QRIS, baik itu perbankan maupun aplikasi uang elektronik atau dompet elektronik.

"Selain itu dengan adanya QRIS, transaksi pembayaran menjadi lebih cepat, sistematis, otomatis. Dan bagi merchant uang hasil penjualan langsung tersimpan di bank yang artinya lebih aman dan bisa dimonitor setiap saat," cakapnya.


Tulis Komentar