Riau

Riau Beli Peralatan Labkesda Senilai Rp7 Miliar, Sehari Bisa Uji Swab 60 Orang

Ilustrasi.
Loading...

GILANGNEWS.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah membeli peralatan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) untuk uji swab virus Corona (Covid-19) sebesar Rp3 miliar.

"Kita sudah membeli peralatan Lab Rp7 miliar. Saat ini barangnya sudah di Singapura karena peralatan dibeli dari luar negeri," kata Gubernur Riau Syamsuar saat dikonfirmasi, Jumat (3/4/2020).

Gubri mengatakan, diperkirakan peralatan laboratorium itu akan sampai ke Riau pekan depan. Alat itu akan dipasang langsung oleh pihak yang membawa peralatan tersebut.

"Harapan kita, mudah-mudahan minggu depan sudah dipasang," ungkap mantan Bupati Siak dua periode ini.

Loading...

Saat ini Pemprov Riau tengah mempersiapkan pembangunan Labkesda tersebut di RSUD Arifin Achmad Riau.

"Sekarang masih ada beberapa pekerjaan di gedung RSUD Arifin Achmad untuk menyesuaikan dengan labor standar WHO," ujarnya.

Disinggung apakah Labkesda Riau sudah mendapat izin dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, gubernur mengatakan sudah ada lampu hijau.

"Pemerintah pusat sudah memberikan lampu hijau. Artinya kita sudah bisa memulai persiapan laboratorium. Ada tahapan-tahapan yang harus dilalui agar Litbangkes Kemenkes menyerahkan uji swab pasien Covid-19 kepada kita sendiri," ujarnya.

Syamsuar menyebutkan, laboratorium tersebut memiliki kapasitas uji swab 60 orang setiap hari. "Mudah-mudahan dengan adanya laboratorium ini mempercepat penanganan Covid-19 di Riau. Apalagi kita sudah meningkatkan status Siaga Darurat menjadi Tanggap Darurat Bencana Non-alam," cakapnya.


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar