Riau

Gubernur Riau Kembali Umumkan 4 Tambahan Kasus Positif Covid-19, Total Jadi 20 Kasus

GILANGNEWS.COM - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengumumkan penambahan kasus positif virus Corona (Covid-19) di Riau sebanyak 4 orang, Senin (13/4/2020).

Dengan penambahan 4 kasus tersebut maka total kasus positif Covid-19 di Riau menjadi 20 kasus. Dengan rincian 16 orang masih dirawat, 2 orang sehat dan sudah dipulangkan, serta 2 orang meninggal dunia.

"Informasi pada hari ini di Riau ada penambah 4 kasus positif Covid-19, sehingga terdapat 20 kasus positif Covid-19 di Riau," Gubri Syamsuar didampingi Kepala Diskes Riau Mimi Yuliani Nazir dan Juru Bicara Penanganan Covid-19 Riau, dr Indra Yopi saat konferensi pers di Posko Gugus Tugas Covid-19 Riau.

Lebih lanjut Gubri menerangkan, pasien 17 positif Covid-19 adalah salah satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang meninggal dunia beberapa hari lalu.

"Pasien inisial MEH (51) yang merupakan warga Pekanbaru. Atas nama Pemprov Riau kami ikut menyampaikan duka cita yang mendalam terhadap keluarga dan kerabat yang ditinggalkan," katanya.

Gubri mengatakan keluarga dari kontak pasien MEH sudah dilakukan rapid test, dan hasilnya negatif. Namun akan tetap dilakukan uji swab untuk memastikan keluarga MEH bebas dari Covid-19.

"Selanjutnya keluarga MEH akan dipantau oleh puskesmas setempat, karena sudah berstatus ODP. Apabila bergejala kita minta segera memeriksakan diri," ujarnya.

Kemudian pasien 18 positif Covid-19 inisial AS (30) yang merupakan warga Kecamatan Pangkalan Kerinci, Pelalawan. Pasien saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Pekanbaru.

"Pasien AS memiliki riwayat perjalanan dari Semarang pada 15 Maret 2020. Pasien ini pernah kontak dengan pasien positif Covid-19 inisial RBT (50) dan JG (58) ynag didapat dari hasil tracing," terangnya.

Lalu pasien 19 positif Covid-19 adalah IE (16), yang merupakan warga Pangkalan Kerinci, Pelalawan. Saat ini pasien sudah diisolasi dan dirawat di Pekanbaru.

"Pasien IE merupakan kontak erat dengan pasien positif Covid-19 yakni RBT dan JG yang didapat dari hasil tracing," paparnya.

Selanjutnya, pasien 20 pasien positif Covid-19 adalah inisial BB (71), yang merupakan warga kecamatan Tampan, Pekanbaru.

"Saat ini pasien BB sudah diisolasi dan dirawat di Pekanbaru. Pasien BB ini memiliki riwayat perjalanan dari daerah terjangkit yakni Jakarta pada 27 Maret 2020," katanya.

Dengan penambahan 4 pasien positif Covid-19 ini, Dinas Kesehatan Provinsi Riau langsung melakukan tracing kontak dengan dari pasien MEH, AS, IE dan BB.

"Dalam melakukan tracing ini kami bekerjasama dengan Dinas Kesehatan kabupaten/kota, dan Polda Riau," tukasnya.


Tulis Komentar