Riau

Rumah Penerima Bantuan di Pekanbaru akan Dipasang Stiker

Walikota Pekanbaru, DR Firdaus ST MT.

GILANGNEWS.COM - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru berencana memberi tanda terhadap rumah penerima bantuan sosial. Penempelan tanda itu bertujuan agar bantuan yang diberikan tepat sasaran.

Cara seperti itu sebenarnya sudah dilakukan di daerah lain. Pemko Pekanbaru menilai, cara ini efektif agar bantuan itu sampai kepada orang yang benar-benar membutuhkan.

"Cara ini cukup efektif untuk menjamin bantuan tersalur bagi yang membutuhkan," kata Walikota Pekanbaru, Dr Firdaus MT, Selasa (5/5/2020).

Kata Walikota, mengenai penerapan di lapangan, camat bisa berkoordinasi dengan tim yang melakukan verifikasi. Tim nantinya yang akan memasang tanda tersebut.

"Setiap rumah nantinya ditandai sesuai kriteria penerima agar tidak ada tumpang tindih. Camat bisa koordinasi dengan tim di lapangan, agar bisa dipastikan penerima bantuan tepat sasaran," jelasnya.

Lanjutnya, tanda yang terpasang di rumah sesuai kelompok yang menerima. Seperti penerima Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan masyarakat rentan miskin.

Ditambahkannya, saat ini tim masih melakukan verifikasi data calon penerima yang termasuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kementerian Sosial RI.

"Nanti petugas bakal mengidentifikasi calon penerima ini, pemerintah fokus pada calon penerima yang terdampak ekonomi akibat covid-19," jelasnya.

Walikota juga mengajak Forum RT/RW menyamakan persepsi. Ini perlu dikomunikasikan dengan kondisi lapangan. RT dan RW juga diajak agar bisa melalukan validasi terhadap data yang ada.

"Pastikan calon penrima memenuhi kriteria penerima bantuan," jelasnya.


Tulis Komentar