Riau

Polda Riau Gunakan Helm 'Robocop' untuk Deteksi Dini Covid-19

GILANGNEWS.COM - Kepolisian Daerah (Polda) Riau memanfaatkan Smart Helmed Thermal canggih guna mendeteksi secara dini subyek yang terpapar Covid-19. Terobosan kreatif ini dilakukan untuk membantu pemerintah dalam penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan menangani penyebar virus asal Tiongkok tersebut.

Helm 'robocop' N901 besutan perusahaan yang berbasis di Shenzhen ini dirancang untuk mengukur suhu tubuh subyek di tengah kerumunan orang. Berbeda dengan drone, thermal yang pernah dipakai oleh Polda Riau saat mengecek PMI beberapa waktu lalu.

Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setia Imam Effendi melalui Kabid Humas Kombes Pol Sunarto mengatakan, smart Helmed ini lebih spesifik mengidentifikasi suhu panas dari orang secara lebih detail. Selain itu lebih efektif bila dibandingkan dengan pengukuran melalui alat thermoscan maupun thermogun.

Setiap subyek yang mengalami demam/suhu panas dapat discreening sejauh lima meter dan dapat memindai semua individu di dalam kerumunan dan 100 persen akurat. Tak hanya itu, helm yang terinspirasi dari robocop ini dilengkapi pemindai kode QR dan fitur pengenalan wajah.

"Kacamata yang terpasang pun menggunakan teknologi augmented reality (AR) dengan berbagai pilihan konektivitas seperti WiFi, Bluetooth, dan jaringan 5G," jelas Sunarto, Senin (22/5/2020).

Alat ini akan digunakan Polda Riau untuk mendukung PSBB di Kota Pekanbaru. Setiap anggota Polri di lapangan terutama pada pintu masuk akan dilengkapi Smart Helmed "Robocop" ini sehingga pengecekan kepada masyarakat yang masuk tanpa harus bersentuhan.

Selain itu, helm canggih ini juga dilengkapi dengan alat perekam live. Rekaman ini akan dapat digunakan sebagai salah satu alat bukti di Pengadilan saat petugas melakukan penindakan terhadap masyarakat yang melanggar PSBB.

Upaya pemanfaatan teknologi tersebut adalah komitmen Polda Riau untuk mendukung pemerintah dalam memutus penyebaran Covid-19 di Provinsi Riau yang kita cintai ini.


Tulis Komentar