Riau

Ini Penyebab Kapal Logistik Karam di Sungai Siak

Kapal barang berisi logistik tenggelam di Pelabuhan Barang Sungai Siak, Pekanbaru.

GILANGNEWS.COM - Kapal barang berisi logistik tenggelam di Pelabuhan Barang Sungai Siak di Jalan Tanjung Batu Kota Pekanbaru, Jumat (15/5/2020) pagi tadi. Kapal karam lantaran arus kuat saat air Sungai Siak surut.

Kapolsubsektor SKP Pelabuhan Sungai Siak AKP Joely Afdal mengatakan, kapal KLM Putra Sejahtera 86 tersebut hendak berangkat mengantarkan muatan ke Tanjung Balai Karimun. Namun, saat bertolak ternyata kapal dalam keadaan miring dan karam.

Menurutnya, kapal karam pada saat kapal melepaskan tali dan hendak bertolak. Saat itu, haluan kapal terbawa arus deras hingga oleng. "Saat itu kondisi arus kuat, pas mau mutar haluan baru nakhoda tahu bahwa posisi kapal miring. Tak kuat menahan, akhirnya kapal tenggelam," ungkap AKP Joely Afdal.

Kata dia, tidak ada korban jiwa dalam insiden itu. Saat kapal ingin bertolak, ada enam kru termasuk nakhoda kapal, semua selamat.

Sebagian muatan seperti mie instan serta roti mengapung. Kondisi itu membuat warga berbondong-bondong mengambil produk mie instan dan roti.

Ada yang berenang ada pula yang menggunakan perahu saat mengambil barang yang mengapung. "Tadi sebelum kami datang warga menjarah barang yang mengapung, tapi itu tak berlangsung lama, sudah kita sterilisasi," jelasnya.


Tulis Komentar