Riau

Pegawai Positif Corona, Walikota Firdaus Diminta Tinjau Ulang Cuti Kadiskes

Walikota Pekanbaru Firdaus (kanan) bersama Kadiskes M Noer yang kini tengah cuti panjang.
Loading...

GILANGNEWS.COM - Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT diminta meninjau ulang cuti panjang Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru M Noer. Sebab, penyebaran Virus Corona atau Covid-19 sudah sangat mengkhawatirkan.

Bahkan, satu pejabat di Diskes Pekanbaru saat ini terkonfirmasi positif Corona. Selain itu, Kepala Puskesmas Rumbai juga terkonfirmasi terinfeksi virus mematikan itu.

Pengamat Kebijakan Publik Khairul Amri mengatakan, apa yang dulu dikhawatir masyarakat akhirnya terjadi. Sebab, kata dia, apa yang terjadi hari ini adalah dipengaruhi oleh apa yang dilakukan kemarin. Begitupun di masa depan, itu juga dipengaruhi oleh apa yang dilakukan hari ini. Hal ini berkaitan dengan cuti panjang yang diberikan kepada Kepala Diskes Pekanbaru M Noer MBS.

"Makanya kita tak pernah bosan mengingatkan Pemko untuk menunjukkan kesungguhannya dalam bekerja menghadapi masalah penyebaran Covid-19 di Kota Pekanbaru," kata Khairul, Senin (31/8/2020).

Loading...

Lanjutnya, itu dimulai dari pelaksana atau Pemko sendiri dalam hal ini adalah Diskes Kota Pekanbaru. Kemudian, Ia menanyakan target dalam pekerjaan berat ini seperti apa, strategi mencapai targetnya bagaimana, hingga evaluasi.

"Hal-hal seperti ini mestinya dapat dijelaskan dengan baik oleh Pemko kepada publik sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi pemerintah," kata dia.

Lanjutnya, dari pelaksana misalnya. Dalam kondisi seperti ini, Walikota sudah seharusnya meninjau ulang cuti panjang Kepala Diskes. Memang, kata dia, cuti itu adalah hak PNS. Namun di lain sisi ada hak masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang maksimal.

"Pimpinan di unit tersebut hari ini tidak bisa hanya dengan memberi perintah. Namun tentu harus terlibat aktif dalam pekerjaan berat ini mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, pengawasan hingga evaluasi. Sehingga diharapkan Ia dapat menginspirasi bawahannya untuk sungguh-sungguh dalam menyelesaikan masalah ini," tegasnya.

Kemudian, dulu Perwako tentang aturan menggunakan masker. Bagaimana proses pengawasannya, ini juga harus dievaluasi. Sehingga diharapkan ada progres kinerja yang terus membaik di masa yang akan datang.

"Harapan kita semua sama, ingin penyebaran Covid-19 ini segera dapat dihentikan dari Bumi Indonesia. Hal itu hanya akan terwujud jika kita bersama-sama dan bersungguh-sungguh, sesuai dengan semangat Gotong Royong sebagai budaya kita berbangsa," jelasnya.


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar