Nasional

Waspada, Es Batu dan Bakso Penyumbang Mikroorganisme

ilustrasi
Loading...
GILANGNEWS.COM- Sangat mudah untuk membahayakan kesehatan tubuh melalui makanan yang Anda konsumsi. Bahkan ada empat makanan yang biasa dikonsumsi anak yang paling sering menjadi penyumbang mikroorganisme dalam tubuh.
 
Perlu diketahui, makanan yang paling sering terpapar bahan kimia dan biologi ini, sebenarnya sangat sering dan mudah ditemukan.
 
"Ada empat jenis penyumbang mikroorganisme yaitu es batu, minuman berwarna, jeli dan bakso," ujar Drs Halim Nababan, MM selaku Direktur Surveilan dan Penyuluhan Keamanan Pangan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) saat ditemui di acara Gerakan Pangan Aman bersama Danone, di SDN 01 Karet Kuningan, Rabu, 9 November 2016.
 
Halim menjelaskan, es batu yang berbahaya yaitu yang berbentuk balok, di mana, jenis es tersebut biasanya disimpan di sembarang tempat dan terpapar kotoran dari berbagai tempat penyimpanan tersebut.
 
"Es balok yang disimpan di mana saja, kemudian tercemar banyak kotoran lalu diberikan pada anak, itu bahaya saat dikonsumsi. Sama halnya dengan minuman berwarna dan jeli, yang pewarnanya belum tentu aman. Ditambahkan pula dengan es batu. Komplet bahayanya," ujarnya menambahkan.
 
Tidak hanya itu, bakso yang sering dijual pun seringkali dimasak tidak pada suhu yang sewajarnya yaitu suhu yang panas. Hal itu pada akhirnya, akan merusak tekstur dari bakso dan berbahaya saat dikonsumsi.
 
Halim mengingatkan agar mengonsumsi makanan sesuai prinsipnya, dimana makanan panas dikonsumsi saat panas, makanan dingin dikonsumsi saat beku dan makanan dengan suhu suam-suam kuku dikonsumsi pada suhu yang sama.
 
"Bakso harusnya disajikan dan dimakan panas, tapi karena harus disajikan dengan cepat untuk anak yang jam istirahatnya sebentar, pasti pedagang masaknya tidak pada suhu yang sewajarnya dan itu merusak makanan,” ucapnya.
 
Link: viva.co.id


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar