Legislator

Pemprov Riau Belum Terima SK Biaya Swab dari BPKP, Nuzelly: Masih Gratis kecuali Swab Mandiri

GILANGNEWS.COM - Pemerintah Provinsi Riau sampai saat ini masih memakai surat edaran dari tim Gugus Tugas Nasional melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terkait dengan biaya swab mandiri bagi masyarakat yakni sebesar Rp900 ribu, dimana saat masih diharmonisasikan di Biro Hukum Setdaprov Riau.

Sedangkan untuk biaya yang disampaikan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) melalui surat yang disampaikan kepada BNPB sebesar Rp 192.965, bagi rumah sakit penerima subsidi, Pemprov Riau belum menerima surat resminya dari Gugus Tugas Nasional.

Direktur Utama RSUD Arifin Achmad, dr Nuzelly menyampaikan, Pemprov Riau akan mengacu pada surat yang disampaikan oleh pemerintah pusat melalui BNPB, dan jika ada perubahan maka akan diikutkan kembali, dan disesuaikan dengan arahan dari pemerintah pusat.

“Kalau kita kan sekarang masih memakai Pergub untuk swab mandiri, sebesar Rp1,5 juta. Tapi ada surat dari BNPB swab mandiri sebesar Rp 900 ribu, nah ini sekarang disesuaikan di Biro Hukum. Kalau ada lagi surat dari BPKP kita koordinasikan lagi suratnya. Kita sifatnya mengikuti apa yang menjadi keputusan,” kata dr Nuzelly.

Dijelaskan Nuzelly, pada prinsipnya Pemprov Riau sejauh ini masih menggratiskan swab bagi masyarakat yang terpapar Covid-19, termasuk hasil tracing. Sedangkan bagi masyarakat yang swab mandiri untuk kepentingan pribadi, dikenakan biaya sesuai Pergub.

“Perlu diingat, bahwa kita masih menggratiskan swab bagi masyarakat yang terpapar covid, dan yang membayar itu yang swab mandiri. Jadi jangan sampai salah mengartikan, labor biomolokuler kita dalam seharinya mampu menampung 1.500 sampel, yang masuk setiap harinya ribuan,” kata Nuzelly.

Untuk diketahui, surat edaran dari BPKP terkait dengan swab mandiri telah menyebar. Untuk swab mandiri bagi bagi masyarakat untuk rumah sakit yang tidak mendapatkan subsidi pemerintah sebesar Rp797.615, sedangkan RS yang menerima subsidi sebesar Rp 192.965.

 


Tulis Komentar