Riau

Tabrak Papan, Speedboat di Meranti Nyaris Karam, 7 Penumpang Jatuh ke Laut

Loading...

GILANGNEWS.COM - Nasib naas menimpa puluhan warga Kepulauan Meranti, Selasa (6/10/2020) pagi. Speedboat Kepau Jaya Ekspress yang mereka tumpangi menabrak papan, ketika hendak menuju Selatpanjang.

Akibat kejadian itu, speedboat Kepau Jaya Express mendadak miring dan menyebabkan 7 penumpang yang berada di atasnya terjatuh ke laut.

Speedboat Kepau Jaya Express ini merupakan transportasi yang rutin membawa masyarakat Tebingtinggi Timur menuju ibukota Kepulauan Meranti, Selatpanjang. Selasa pagi, sekira pukul 06.00 WIB, Speedboat Kepau Jaya Express bertolak dari Dermaga Desa Kepau Baru menuju ke Selatpanjang. Saat itu, speedboat tersebut mengangkut 78 orang penumpang.

Tepat di perairan Anak Ayam Desa Sungaitohor Kecamatan Tebingtinggi Timur, Speedboat Kepau Jaya Express menabrak sekeping papan berukuran lebih kurang 2,8 inch. Setelah tertabrak, papan tersebut tersangkut di bagian mesin yang kemudian menyebabkan body speedboat miring ke kiri.

Loading...

Dengan kondisi ini,  tujuh orang penumpang yang berada di atas atap speedboat terjatuh ke laut. Tak hanya itu, air laut pun langsung masuk ke dalam speedboat melalui jendela.

Melihat situasi mencekam, nakhoda Speedboat Kepau Jaya Express, Syamsur, langsung mematikan mesin untuk menstabilkan posisi kemiringan body speedboat. Kemudian ABK speedboat, Bangkok, Gofur dan Apeng, melakukan pertolongan terhadap penumpang yang tercebur ke laut dengan cara menaikan para penumpang yang jatuh itu ke atas speedboat. Setelah dinaikan, Speedboat kemudian diarahkan ke kilang sagu milik Ahyan yang terletak di Perairan Anak Ayam Desa Sungai Tohor.

Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Eko Wimpiyanto mengatakan, setelah mendapat laporan tentang terjadinya dugaan laka laut, tim yang terdiri dari Sat Polair Polres Kepulauan Meranti, Dit Polair Polda Riau KP 1004, Kapolsek Tebing Tinggi beserta POS AL Selatpanjang langsung menuju ke TKP. Setelah tiba di TKP, petugas langsung melakukan pengecekan terhadap seluruh penumpang. Setelah dinyatakan seluruhnya selamat, Speedboat Kepau Jaya Express dibawa ke Selatpanjang dengan cara dikawal oleh tim gabungan hingga Speedboat bersandar di dermaga Kedai Kopi Harum Sari. 

"Alhamdulillah, tak ada korban jiwa," kata Eko Wimpiyanto.


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar