Riau

Kunker Keluar Kota di Tengah Pandemi Covid-19, Pengamat: DPRD Pekanbaru Harus Transparan

Khairul Amri.

GILANGNEWS.COM - Pengamat kebijakan publik, Khairul Amri, meminta agar DPRD Kota Pekanbaru melakukan transparansi kepada publik dalam melakukan perjalanan dinas. Transparansi yang dimaksud adalah kemana dan apa tujuan perjalan dinas di tengah pandemi Covid-19 tersebut.

"Kalau tingkat urgensinya tidak serius saya pikir ini bukan contoh yang baik bagi masyarakat, terkecuali memiliki tingkat urgensinya serius tidak ada masalah," cakapnya, Rabu (07/10/2020).

Saat ini terjadi paradigma buruk dari masyarakat terhadap lembaga DPRD Pekanbaru, dimanaa saat pandemi Covid-19 mereka selalu melakukan perjalanan dinas ke luar provinsi.

Khairul Amri menjelaskan bahwa tidak selamanya transparansi ke muka publik adalah sebuah hal yang buruk dan merugikan lembaga DPRD Pekanbaru oleh tingkah anggota DPRD.

"Kita belum tahu perjalanan dinas ini ngapain. Apakah kalau nggak pergi masyarakat Pekanbaru tidak dapat bantuan? Transparansi itu perlu untuk menjaga nama baik lembaga, jadi publik bisa tahu. DPR adalah pejabat publik yang diharapkan bisa menjadi percontohan masyarakat," jelasnya.

Lanjut Khairul Amri menyebutkan, uang yang digunakan oleh anggota DPRD Pekanbaru seluruhnya adalah uang rayat. Dari itu ia mengatakan bahwa masyarakat juga harus tau apa yang diperbuat oleh anggota DPRD jika melakukan perjalanan dinas keluar kota.

Tak hanya itu, publik juga berhak tau kemana tujuan para legislator tersebut pergi. Selain itu juga apa keperluannya melakukan perjalanan dinas, serta siapa saja anggota DPRD yang melakukan perjalanan dinas.

"Agar rakyat tahu uang mereka yang digunakan untuk pemerintah itu digunakan untuk apa. Dan saat ini masyarakat banyak yang berprasangka buruk kepada DPRD Pekanbaru. Ini juga demi menyelamatkan nama baik dan citra DPRD di muka masyarakat Pekanbaru," pungkasnya.


Tulis Komentar