Legislator

Tiga Nama Mencuat Gantikan Asri Auzar sebagai Wakil Ketua DPRD Riau, Pengamat: Kelmi Paling Berpelua

Kelmi Amri SH

GILANGNEWS.COM - Nama-nama calon pengganti Asri Auzar sebagai Wakil Ketua DPRD Riau dari Fraksi Demokrat mulai mencuat.

Untuk diketahui, Asri Auzar mengundurkan diri sebagai anggota DPRD Riau karena maju pada Pilkada Rokan Hilir tahun 2020.

Sejumlah kader mulai disebut-sebut akan menggantikan posisi Asri sebagai Wakil Ketua DPRD Riau. Informasi yang dirangkum media, nama nama tersebut adalah Kelmi Amri, Edy M Yatim, dan Agung Nugroho. Bahkan disebut-sebut nama ketiganya sudah berada di DPP Demokrat.

Untuk diketahui, saat ini Kelmi Amri menjabat sebagai anggota Komisi IV DPRD Riau. Ia juga merupakan ketua DPC Demokrat Rokan Hulu, dan pernah menjabat sebagai ketua DPRD Rokan Hulu periode 2014/2019.

Sedangkan, Edy M Yatim saat ini merupakan periode keduanya duduk menjadi anggota DPRD Riau, saat ini ia menjabat sebagai ketua komisi V DPRD Riau, dan menjabat sebagai Sekretaris DPD Demokrat Riau.

Sementara itu, Agung Nugroho pada periode pertamanya sebagai anggota DPRD Riau langsung menjabat sebagai Ketua Fraksi Demokrat DPRD Riau. Ia juga merupakan ketua DPC Demokrat Pekanbaru.

Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Muhammadiyah Riau, DR Aidil Haris mengatakan, bahwa ketiganya memiliki potensi yang bagus dan memiliki peluang yang sama untuk menjadi wakil ketua DPRD.

Namun, dari ketiganya, nama Kelmi Amri adalah nama yang paling menonjol jika dilihat dari pengalaman politiknya selama ini.

"Tiga-tiganya cukup populer. Komunikasi politiknya cukup bagus, track recordnya juga cukup bagus. Sisi kemampuan akademis ketiganya juga cukup baik, tapi kalau dilihat dari pengamalan, Kelmi Amri yang paling berpeluang, karena pernah menjadi ketua DPRD Rohul," papar Aidil Haris.

Aidil menjelaskan, memang pengalaman menjadi tolak ukur dalam partai menentukan pilihan. Namun, akan kembali terpulang kepada Partai Demokrat itu sendiri dalam memutuskan.

"Ketiga-tiganya punya peluang bagus, tapi memang kredit lebihnya kepada Kelmi Amri, kita tunggulah keputusan DPP Demokrat," tukasnya.


Tulis Komentar