Riau

Pengamat: Anggota DPRD Pekanbaru ke Luar Kota Saat Pandemi Hanya untuk Habiskan Anggaran

Pengamat kebijakan publik, M Rawa El Amadi.
Loading...

GILANGNEWS.COM - Pengamat kebijakan publik, M Rawa El Amadi meminta kepada masyarakat Kota Pekanbaru agar tidak memilih kembali anggota DPRD yang tidak berkomitmen dengan perkataannya.

Pasalnya dalam beberapa kali kesempatan para wakil rakyat yang ada di DPRD Kota Pekanbaru ini terus mengimbau agar masyarakat menaati protokol kesehatan dan melarang masyarakat bepergian ke luar kota. Terlebih lagi kota yang dituju masih mengalami peningkatan kasus Covid-19.

"Mengingatkan masyarakat untuk menaati protokol kesehatan, tapi mereka setiap minggu ke luar kota dan kota yang dikunjungi masih banyak Covid-19 seperti Jakarta, Sumatera Utara dan Sumatera Barat," cakap Rawa, Jumat (16/10/2020).

"Masyarakat harus bisa menilai apa yang dilakukan DPRD dengan omongannya, apalagi mereka menggunakan uang rakyat. Yang mana seharusnya uang itu bisa diimplementasikan untuk penanganan Covid," jelasnya.

Loading...

Selanjutnya, Rawa mempertanyakan apa tujuan dari para legislator tersebut ke luar kota. Terlebih lagi jika tidak ada manfaatnya untuk Kota Pekanbaru maka hal tersebut hanya sia-sia saja.

"Kemungkinan anggota DPRD yang ke luar kota itu hanya untuk menghabiskan anggaran doang, bukan untuk program. Sehingga mereka melanggar omongannya sendiri," tegasnya.

Sebelumnya Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT mengimbau agar semua pihak mengurangi kegiatan pertemuan. Tidak hanya legislator, masyarakat dan jajaran Pemerintah Kota (Pemko) juga harus mengurangi kegiatan seperti itu.

Kondisi itu juga dikhawatirkan akan menambah angka penularan Covid-19 di Kota Pekanbaru. Diakuinya, belakangan sehari angka penularan mencapai di angka seratus.

"Imbauan kita, semua, bukan saja legislatornya tapi juga di jajaran masyarakat dan pemerintah. Itu kita jalankan lah protokol kesehatan. Kurangilah untuk bertemu dan juga perjalanan dinas," kata Walikota, Selasa (13/10/2020).

Diketahui sejumlah anggota DPRD Kota Pekanbaru melakukan perjalanan dinas ke luar kota. Padahal Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Hamdani mengimbau agar seluruh anggota DPRD Kota Pekanbaru untuk tidak dulu melakukan perjalanan dinas keluar kota.

"Ya, (kawan-kawan dewan) jangan dulu keluar kota dalam pekan ini. Sekarang luar biasa peningkatan kasus Covid-19 di Pekanbaru," tegas Hamdani beberapa waktu lalu.


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar