Nasional

Cuti Bersama Oktober 2020, Satgas Minta Daerah Gelar Rapid Test Massal

Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Covid-19, Wiku Adisasmito

GILANGNEWS.COM - Satgas Penanganan Covid-19 meminta pemerintah daerah menggelar rapid test massal untuk mencegah penularan covid-19 di libur panjang akhir Oktober 2020. Seperti diketahui libur panjang akan berlangsung 28 Oktober-1 November 2020 dengan adanya cuti bersama dan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Juru Bicara Satgas, Wiku Bakti Adisasmito, mengatakan bahwa momen tersebut pasti dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur ke tempat wisata atau pulang kampung. Dia mengatakan rapid test massal diperlukan untuk mencegah terjadinya klaster baru penularan covid-19.

"Pemerintah akan mendorong rapid test massal terutama di saat liburan panjang yang sebentar lagi akan kita hadapi. Ini sebagai antisipasi penularan dan menghindari munculnya klaster liburan panjang,” ucapnya saat konferensi pers di Jakarta, Kamis (22/10/2020).

Wiku menegaskan kewenangan rapid test berada di pemerintah daerah dengan dukungan pemerintah pusat. Dia mengatakan jumlah tes dan anggaran yang dibutuhkan berbeda di setiap daerah.

Satgas mengimbau masyarakat sebisa mungkin tetap berada di rumah. Jika bepergian Wiku berharap masyarakat menghindari kerumunan atau tempat yang ramai.

“Yang paling penting dan selalu satgas ingatkan yaitu meskipun dalam suasana liburan, masyarakat tetap dianjurkan untuk tidak keluar rumah dan berkerumun di tempat tempat ramai. Apabila tidak ada keperluan mendesak,” ujarnya.

Selain itu Wiku juga mengingatkan masyarakat untuk terus disiplin melaksanakan protokol kesehatan meski sedang berlibur. Dia yakin masyarakat kini sudah terbiasa menerapkan pola hidup bersih dan sehat apapun keadaannya.

“Saya juga meminta masyarakat untuk wajib mematuhi protokol kesehatan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Setelah sekian lama, masyarakat seharusnya sudah mampu mengadaptasi kebiasaan baru di tengah suasana pandemi ini, apapun keadaannya termasuk liburan panjang,” katanya.


Tulis Komentar