Riau

Kasus Positif Corona di Riau Turun Drastis, 171 Pasien Sembuh

Ilustrasi.

GILANGNEWS.COM - Setelah beberapa bulan kasus positif Covid-19 di Riau di atas angka 100, hari ini kasus positif Covid-19 di Bumi Lancang Kuning bertambah 31 kasus baru, sehingga total menjadi 14.830 orang.

Sedangkan kabar baiknya, berdasarkan data dari situs Kemenkes, di Riau terdapat 171 pasien yang dinyatakan sembuh, sehingga total menjadi 11.333 orang.

Kemudian kabar dukanya, di Riau juga hari ini terdapat 2 pasien Covid-19 yang meninggal dunia, sehingga total pasien wafat menjadi 338 orang.

Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar mengatakan, penambahan kasus positif Covid-19 di Riau memang turun-naik, namun cenderung naik.

"Sedangkan angka kesembuhan pasien Covid-19 di Riau sempat melonjak 500 orang perhari. Sedangkan sekarang angka kesembuhan kita seperti stagnan, meskipun lebih tinggi dari penambahan kasus," katanya.

Karena itu, Gubri berharap petugas pelayanan kesehatan yang menangani isolasi mandiri dapat melakukan kontrol terhadap pasien yang melakukan isolasi mandiri. Sebab banyak pasien yang tak tahu sampai kapan dia dinyatakan sembuh.

"Padahal menurut Permenkes terbaru, jika pasien yang melakukan isolasi mandiri selama 14 hari apabila tidak menunjukkan gejala dianggap sembuh.

Dan ini masih ada daerah dibiarkan terus dan tidak dilaporkan, sehingga seolah-olah pasien masih isolasi mandiri atau dirawat di rumah sakit," ujarnya.

Tak lupa, meski angka kesembuhan pasien Covid-19 di Riau tiga hari ini lebih tinggi dari penambahan kasus baru, Gubri mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Mari sama-sama kita menekan kasus Covid-19 di Riau dengan tetap menjalankan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan," pesannya.


Tulis Komentar