Riau

Hari Ini Riau Tambah 146 Kasus Positif Covid-19, 505 Sembuh dan 9 Meninggal Dunia

Ilustrasi.

GILANGNEWS.COM - Update Covid-19 di Provinsi Riau hari ini bertambah 146 orang. Sehingga total menjadi 16.054 orang.

Sementara itu berdasarkan data yang dirilis Kementerian Kesehatan, terdapat 505 pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh. Sehingga total pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh 13.763 orang.

Sedangkan kabar dukanya, hari ini di Riau terdapat 9 pasien yang meninggal dunia. Sehingga total ada 375 pasien Covid-19 yang wafat akibat virus Corona.

Untuk meningkatkan protokol kesehatan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah merevisi Perda Penyelenggaraan Kesehatan untuk penegakan protokol kesehatan.

"Perda ini salah satu upaya pemerintah agar ada kemauan masyarakat untuk meningkatkan disiplin protokol kesehatan," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir.

Menurutnya, upaya Pemprov Riau memutuskan penyebaran Covid-19 dengan mengimbau masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan telah ditegaskan dalam Perda Riau Nomor 4 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Kesehatan tersebut.

Dalam Perda tersebut, lanjut Mimi protokol kesehatan sebagaimana yang tercantum, antara lain wajib menggunakan masker, melakukan cuci tangan menggunakan air dan sabun atau pencuci tangan berbasis alkohol serta berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), menjaga jarak atau physical distancing dan menghindari kerumunan.

"Tentunya bentuk ketegasan dalam pelaksanaan protokol kesehatan ini ada sanksi administratif dan ketentuan pidana bagi individu atau pelaku usaha yang melanggar protokol kesehatan hal ini dimaksudkan agar kita bisa lebih disiplin," jelasnya.

Untuk itu, Mimi meminta kepada masyarakat, pelaku usaha, dan media turut berpartisipasi aktif dalam melakukan pemantauan pelaksanaan protokol kesehatan.

Dalam upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Riau, lanjut Mimi selain penerapan protokol kesehatan, Pemerintah juga melakukan Testing, Tracing, dan Treatment.

"Kita juga tetap melakukan arahan pemerintah untuk pengendalian Covid-19 dengan 3 T yaitu Testing, Tracing, dan Treatment, ini juga tercantum dalam Perda tersebut," cakapnya.


Tulis Komentar