Nasional

Presiden Jokowi Pastikan Vaksinasi Covid-19 Sudah Berlangsung Mulai Januari 2021

Presiden RI, Joko Widodo.

GILANGNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya memberi kepastian terkait rencana vaksinasi Covid-19 di Indonesia. Dimana pada Januari 2021 mendatang, vaksinasi dinyatakan sudah berlangsung. Sekalipun diakui terdapat kendala yakni kesulitan pendistribusian vaksin ke 34 provinsi ke 514 kabupaten/kota di seluruh Indonesia, yang membutuhkan alat pendingin vaksin.

Demikian disampaikan Jokowi, saat menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun 2021 di Istana Negara, Rabu (25/11/2020).

"Kita harapkan Insya Allah juga kalau enggak di akhir 2020 atau di awal di bulan Januari, nantinya di awal 2021 vaksinasi bisa kita lakukan," kata Jokowi.

Hal itu ditegaskan Jokowi sebagai kepastian karena diperkirakan pada akhir November atau Desember mendatang Vaksin Sinovac sudah tiba di Indonesia dari Cina.

"Insya Allah nanti kita harapkan vaksinnya sudah datang di akhir bulan November ini atau awal Desember 2020," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan bahwa setelah vaksin tersebut tiba di Tanah Air tidak akan langsung dilakukan vaksinasi. Harus diproses secara scientific terlebih dahulu sampai akhirnya Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menerbitkan emergency use authorization.

Sebelum vaksinasi dilakukan, pemerintah mengadakan simulasi. Diakui Jokowi bahwa proses distribusi vaksin tidaklah mudah, karena untuk distribusi ke seluruh Indonesia. Vaksin tersebut membutuhkan alat berupa cold chain atau alat pendingin.

"Ini juga tidak mudah karena mendistribusikan ke 34 provinsi, ke 514 kabupaten/kota memerlukan sarana dan prasarana yang tidak sedikit, cold chain, atau pendinginnya. (Ini) karena vaksin ini perlu kedinginan tertentu. Sehingga perjalanan ke 514 kabupaten/kota, 34 provinsi memerlukan kehati-hatian," jelas Jokowi.


Tulis Komentar