Riau

Gubri Minta Tolong Kepada Kemendikbud

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman

PEKANBARU - Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman memohon kepada Direktorat Pembinaan SMA Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI yang diwakili, Sri Dwi Lestari agar dapat memperbanyak lembaga sertifikasi di Provinsi Riau.

"Saya minta tolong kepada Direktorat Kemendikbud, tolong perbanyak lembaga sertifikasi di Riau. Kalau misalnya ada antrean, tolong utamakan Riau," pinta Gubri kepada perwakilan Direktorat Kemendikbud RI saat membuka‎ Rencana Induk Pengembangan Skolah (RIPS) SMA/SMK se-Provinsi Riau, dan ‎Peresmian Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) pada SMKN 1,2,3,4 Pekanbaru dan SMKN 1 Pasir Penyu, Senin (15/11).

Menurutnya, Riau pantas mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Pusat khususnya pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Sebab Riau dapat memberikan kontribusi besar untuk perekonomian secara nasional.

"Kalau memang diperlukan saya datang, saya akan datang ke LSP. Saya tidak masalah siapa yang mengundang, karena ini ada kepentingannya dengan SDM Riau, banyak pun uang tidak ada gunanya, sebab kalau SDM bagus maka Riau akan maju," katanya.

Apalagi saat ini, sebut Gubri, Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Riau terus mengalami penurunan. Untuk itu, dalam menyiapkan SDM yang memiliki kompetensi, Riau membuka diri kepada kementerian, lembaga dan swasta untuk pembangunan lembaga pendidikan.

Masih kata Gubri, apalagi saat ini masa Masyarakat Ekonomian Asean (MEA), persaingan lapangan pekerjaan semakin ketat. Dimana yang bisa masuk pasar adalah yang memiliki sertifikasi.

"Kita akan dorong bagi yang ingin mendirikan lembaga pendidikan dan sertifikasi di Riau. Kalau LPS ada rencana ingin mendirikan ‎LPS Zona Sumatera, kita Riau siap memfasilitasi," ujarnya.


Reporter : Amin

Editor: Zulfikri


Tulis Komentar