Riau

Kasus Covid-19 Masih Fluktuatif, Pemko Lakukan Sosialisasi Kesehatan

Zaini Rizaldi

GILANGNEWS.COM - Penyebaran kasus Virus Corona atau Covid-19 di Kota Pekanbaru masih fluktuatif. Pemerintah Kota (Pemko) masih lakukan sosialisasi kesehatan ke masyarakat.

Data dari Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, total pasien terkonfirmasi positif saat ini mencapai 11.346 kasus. Jumlah itu terhitung sejak Maret 2020 hingga, Kamis (24/12/2020) kemarin.

Dari ribuan kasus positif tersebut, sebanyak 10.403 pasien dinyatakan sembuh dan 217 orang meninggal dunia.

Sekretaris Diskes Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy Saragih mengatakan, kasus positif covid-19 di Pekanbaru rata-rata terjadi penambahan 70 kasus positif setiap hari.

"Kita terus lakukan promosi kesehatan untuk pengendalian covid-19 ini," kata Zaini, Jumat (25/11/2020).

Menurutnya, promosi atau sosialisasi kesehatan yang dilakukan bagaimana masyarakat dapat disiplin menjalankan protokol kesehatan. Masyarakat diminta untuk terus menjalankan 3M. Yaitu menggunakan masker, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan.

"Promosi kesehatan ini kita sampaikan baik dari media sosial, cetak brosur, dan baliho berupa imbauan," jelasnya.

Melalui setiap puskesmas juga melakukan sosialisasi promosi kesehatan. Kata dia, Puskesmas keliling terjun langsung ke pusat keramaian dalam memberikan edukasi.

Pasien positif tanpa gejala Covid-19 juga diminta melakukan isolasi mandiri baik di rumah yang memenuhi syarat dan juga di fasilitas pemerintah, untuk menghindari penyebaran virus yang lebih luas.

Sebanyak empat tempat karantina disiapkan pemerintah bagi pasien positif yang menjalani isolasi mandiri. Terdata hingga saat ini, di Rusunawa Rejosari masih dihuni 22 pasien positif tanpa gejala. Lalu Gedung Bapelkes 10 pasien positif tanpa gejala, Gedung BPSDM sebanyak 25 pasien positif tanpa gejala, dan Gedung LPMP dihuni 36 pasien positif tanpa gejala.

"Jadi kita minta pasien tanpa gejala ini isolasi di fasilitas pemerintah agar lebih terkontrol, dan tidak membuat penyebaran ke keluarga terdekat," jelasnya.


Tulis Komentar