Legislator

Ditunjuk Jadi Ketua Pansus, Karmila Targetkan Bank Riau Syariah Tuntas April

Karmila Sari

GILANGNEWS.COM - Wakil Ketua Komisi III DPRD Riau, Karmila Sari, akhirnya ditunjuk sebagai Ketua Panitia Khusus (Pansus) Konversi Bank Riau Kepri dari konvensional ke syariah. Penunjukan Karmila Sari sebagai Ketua Pansus tersebut berdasarkan hasil Rapat Paripurna yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Riau, Agung Nugroho, Senin (11/1/2021).  

Usai dipercaya menjadi Ketua Pansus oleh para anggota Pansus yang berjumlah 15 orang utusan dari setiap fraksi di DPRD Riau, Karmila pun mengharapkan Pansus bergerak dengan cepat. Targetnya, pada bulan April 2021 mendatang Bank Riau Syariah ini bisa selesai, atau bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Bank Riau Kepri.  

Ketua Fraksi Partai Golkar ini mengatakan, terdapat enam pasal yang akan berubah sebagai langkah konversi Bank Riau Kepri Syariah secara total. Dampak dari perubahan pasal ini sangat kuat maka dari itu diminta kerjasama dari semua pihak yang berkepentingan.

"Setelah rapat paripurna ini, kita akan membuat matrik. Kita akan memanggil Birut Bank Riau. Perubahan 6 pasal ini dampaknya luar biasa, kepentingan nasabah harus diperhatikan," ucapnya. 

Karmila mengakui, ada banyak kekhawatiran yang muncul terkait konversi tersebut, seperti spekulasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang akan berkurang, dan lain hal.

"Kita harus bergerak cepat. Komisi III sebelumnya sudah memulai dan telah melakukan Kunjungan kerja ke Nusa Tenggara Barat (NTB). Mereka mengkonversi total bank daerahnya dari konvensional ke syariah dan itu berhasil," paparnya.   
Dari hasil riset, lanjut politisi asal Rohil itu lagi, diketahui bahwa mayoritas nasabah Bank Riau Kepri ini yakni ASN, perusahaan dan pemerintah kabupaten/kota di Provinsi Riau, mendukung dikonversikannya BRK menjadi BRK Syariah. 

Maka dari itu, Karmila Sari pun meminta kepada semua pihak, yakni anggota Pansus, manajemen BRK, Biro Hukum, Biro Ekonomi, bersama membantu penyelesaian konversi BRK tersebut.

"Kami minta BRK untuk menghitung kekuatan dan mempersiapkan segala upaya untuk konversi ke bank syariah karena kalau sudah dialihkan ke bank syariah, tidak bisa lagi ke bank konvensional. Kita menargetkan Bank Riau Syariah ini telah telah selesai bertepatan dengan momentum HUT Bank Riau pada April mendatang," tegasnya.

Meski telah menjadi bank syariah, ucap Karmila, nantinya simpanan nasabah nonmuslim tetap dijaga karena pengelolaannya saja yang berubah secara syariah. "Jadi nasabah nonmulsim tidak perlu khawatir," pungkasnya. 


Tulis Komentar