Riau

Truk ODOL Paksa Lewat Jalan Rusak di Rohil hingga Bikin Macet, Nyawa Warga Pun Tak Tertolong

GILANGNEWS.COM - Permasalahan truck Over Dimensi Over Load (ODOL) di Provinsi Riau seakan tak ada habisnya. Bahkan di Rokan Hilir, gara - gara ulah dari truck ODOL nakal tersebut, telah timbul korban nyawa.

Hal tersebut dikatakan anggota DPRD Riau Dapil Rohil, Husiami Hamidi. Kepada media, ia mengatakan melihat sendiri bahwa truck ODOl tersebut memaksa melewati jalan yang sedang diperbaiki di Kecamatan Pujud, Rohil.

"Di Kecamatan Pujud saat saya turun ke Dapil, terjadi kemacetan panjang di jalan provinsi. Hal tersebut dikarenakan truck ODOL yang memaksa melewati jalan tersebut, padahal sedang dalam perbaikan timbunan tanah. Alhasil karena hari hujan, truck ODOL tersebut terjebak di tanah tersebut dan menyebabkan kemacetan," ketus Husaimi, Sabtu (30/1/2021).

Politisi PPP ini mengatakan, bahwa sebenarnya Dinas PUPR telah menurunkan alat berat ke lokasi, dan sedang dalam perbaikan. Namun truck ODOL memaksa melewati. Dan yang lebih membuatnya marah adalah truck ODOL tersebut rata - rata berplat non BM.

"Rata - rata non BM, jalan sedang diperbaiki ditimbun, truk tak mau berenti, akhirnya kandas dan menyebabkan kemacetan," cakapnya.

"Parahnya lagi, tadi malam ada orang mau berobat ke rumah sakit, karena macet panjang tersebut, jadi meninggal di lokasi, karena macet akibat ODOL ini," geramnya.

Untuk itu, Husaimi meminta kepada Pemprov dan penegak hukum untuk turun tangan terhadap hal tersebut. Ia juga meminta kepada perusahaan untuk tidak memaksakan truck jalan terus.

"Kita mau Pemprov dan penegak hukum turun tangan. Kita juga minta ke perusahaan, jangan memaksakan mobil jalan terus. Kalau tidak cari jalan alternatif. Ini truck dari Rohul pun lewat sini semua, sementara kan bisa lewat akses Ujung Batu - Rokan. Bukan apa - apa, kita takut terjadi insiden di sini. Masyarakat marah bisa ada pembakaran mobil nanti bagaimana," ketusnya lagi.

Lebih jauh, ia meminta kepada Pemprov Riau dan penegak hukum untuk dapat mencarikan solusi terkait hal tersebut.


Tulis Komentar