Riau

Sudah Tiga Hari Petugas Bertungkus Lumus Padamkan Karhutla di Mempura

GILANGNEWS.COM - Sudah tiga hari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) sawit di Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak hingga kini masih terbakar. Tim penjinak yang terdiri dari Manggala Agni, TNI, Polri, BPBD, dan MPA masih bertungkus lumus memadamkan api di sana.

Namun, api dipastikan tidak melebar, sebab tim yang berjibaku hingga malam tadi telah membuat penyekatan agar api tak meluas.

"Sekarang tinggal mopping up (sapu bersih). Api disinyalir masih ada di tengah-tengah, karena di pinggir sudah kita buat penyekatan," kata Kadaops Manggala Agni, Ihsan Abdillah, Jumat (5/2/2021).

Luas lahan sawit yang terbakar di Kecamatan Mempura itu mencapai 2 hektare. Api awalnya terdeteksi pada Rabu (3/2/2021).

Sedangkan, sambung Ihsan, untuk di Kampung Bunsur, Kecamatan Sungai Apit yang juga terbakar sejak Selasa (2/2/2021) luas lahan yang terbakar mencapai 10 Ha, luas diketahui setelah diukur menggunakan drone.

"Saat ini di Sungai Apit terus dilakukan pendinginan dan memastikan agar api benar-benar padam," jelas Ihsan.

Pantauan di lapangan, saat ini pihak Manggala Agni, TNI, Polisi, MPA dan BPBD Siak masih melakukan penyisiran di lokasi karhutla Kecamatan Mempura untuk memastikan api bbenar-benar sudah dipadamkan.


Tulis Komentar