Legislator

Komisi IV DPRD Pekanbaru Minta PERKIM Jangan Kejar Proyek Besar Saja

Hering Komisi IV DPRD Pekanbaru bersama PERKIM

GILANGNEWS.COM - Komisi IV DPRD Pekanbaru bergerak cepat, terkait belum terlihatnya progres pelaksanaan anggaran di APBD Pekanbaru 2021. Pada Senin (8/3/2021), Komisi IV menggelar hearing Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim), dan BPKAD Pekanbaru, untuk mempertanyakan realisasinya. 

Anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru Nurul Ikhsan mengatakan, hingga kini belum melihat gambaran sejumlah kegiatan pembangunan, yang akan dilakukan oleh Dinas Perkim. Terutama untuk kegiatan yang pembangunan yang menyentuh masyarakat langsung.

Karenanya, dia meminta Dinas Perkim segera mengekspos semua kegiatan yang ada Dinas Perkim di tahun 2021 ini.

"Kita sudah minta dinas ekspos semua kegiatan tahun ini. Karena kita mau lihat apa-apa saja kegiatan yang akan dilakukan. Kenapa proyek-proyek besar semua sudah tayang, proyek kecil yang menyentuh kepentingan masyarajat kok diabaikan. Alasan DPA yang belum selesai, PPTK yang belum ditunjuk, Ini kan alasan-alasan lama. Sekarang kita tidak mau ngemis-ngemis lagi karena apa yang kita sampaikan ini aspirasi masyarakat seperti drainase, semenisasi yang sudah sangat tidak layak," kata politisi Partai Gerindra ini. 

Dalam hearing tersebut, Perkim langsung melaunching kegiatan yang langsung menyentuh masyarakat seperti seminisasi jalan, drainase tersier, penataan kawasan kumuh sesuai masing-masing wilayah dan kegiatan lainnya.

"Kita rapat tadi bahas soal realisasi APBD 2021 di Dinas Perkim sejauh ini seperti apa, maunya kita di Komisi IV agar kegiatan yang menyentuh masyarakat diutamakan, jangan cuman kejar proyek-proyek besar saja," kata Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru Sigit Yuwono ST usai hearing. 

Dari informasi yang disampaikan Dinas Perkim ke Komisi IV, salah satu yang menjadi alasan belum berjalannya kegiatan di Dinas Perkim, karena kendala DPA yang belum turun.

"Triwulan pertama sampai hari ini, DPA juga belum cetak. Informasi tadi dari Perkim dan BPKAD tadi mereka akan rapat dengan Sekda, kita tunggu itu dan kita akan panggil lagi tanya terkait hasil rapat mereka seperti apa keputusannya. Kita berharap akan ada pemerataan pembangunan yang dapat dirasakan masyarakat," pintanya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Perkim Pekanbaru Ardani menjelaskan, apa yang menjadi masukan dari Komisi IV, akan dilaksanakan pihaknya sesuai aturan yang ada. 

"Kita akan laksanakan setelah DPA selesai semua," katanya.


Tulis Komentar