Legislator

Dishub Pekanbaru Diminta Cari Solusi Terkait Truk ODOL yang Masih Melenggang Bebas.

GILANGNEWS.COM - DPRD Kota Pekanbaru kembali menyoroti beberapa ruas jalan dalam Kota Pekanbaru yang masih kerap dilintasi oleh kendaraan yang memiliki tonase besar atau Over Dimension Over Loading (ODOL).

Salah satu jalan yang kerap dilintasi truk ODOL adalah Jalan HR Soebrantas, truk ODOL dengan leluasa melenggang di jalan tersebut. Selain menimbulkan kemacetan dan kerusakan jalan, truk ODOL ini juga kerap menimbulkan kecelakaan yang hingga sebabkan korban jiwa.

"Kalau Dishub tidak bisa melakukan penindakan (tilang), walaupun Dishub tidak bisa menilang harus ada upaya-upaya yang dilakukan oleh Dishub untuk mencegah ODOL melenggang di jalanan dalam kota," cakap Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru, Sigit Yuwono, Kamis (11/3/2021).

Lanjut politisi Demokrat ini, saat ini kondisi Jalan HR Soebrantas bertambah macet karena truk ODOL melintas di tempat yang tidak seharusnya.

"Sekarang macet padat merayap, ODOL masuk di tempat yang bukan kelasnya. Masyarakat bingung mau melapor kemana, Dishub tidak bisa bertindak apalagi menilang," jelasnya.

Dari itu Sigit meminta Dishub dan Polisi harus bisa bersinergi untuk mengatasi permasalahan ini, karena permasalahan ini sendiri juga bukanlah fenomena baru yang terjadi di Kota Pekanbaru.

"Intinya kita sama-sama untuk mengawasi, Dishub juga harus buat sosialisasi jalan-jalan mana saja yang boleh dilintasi oleh truk ODOL. Masyarakat selama ini tidak tahu, kita minta inovasi dari Dishub," pungkasnya.


Tulis Komentar