Riau

Pecahkan Rekor MURI Donor Darah Terbanyak Relawan Peduli Covid-19

GILANGNEWS.COM - Untuk kedua kalinya, Relawan Peduli Covid-19 berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk kegiatan donor darah terbanyak.

Rekor tersebut ditorehkan Relawan Peduli Covid-19 dalam kegiatan bertajuk "Riau mendonor, gerakan 3.000 Kantong Darah Ramadhan" yang digelar 21-27 Maret 2021.

Penghargaan rekor MURI tersebut diserahkan langsung oleh Awan Rahargo selaku Senior Manager MURI di Hotel Furaya Pekanbaru, Sabtu (27/3/2021).

Senior Manager MURI Awan Rahargo mengatakan kegiatan donor darah ini kegiatan yang mengulang suksesnya pada tahun lalu yang diselenggarakan oleh Relawan Peduli Covid-19 Riau yang ketika itu telah berhasil dan mampu mengumpulkan 2.500 lebih kantong darah.

"Dalam rangka untuk mendukung ketersediaan dan juga sekaligus menyambut bulan suci Ramadhan, Relawan bekerjasama dengan Pemko dan Pemprov Riau melaksanakan kembali aksi sosial dalam rangka kegiatan kemanusiaan yakni donor darah. Dan ini telah mampu memenuhi salah satu kriteria MURI, yang mana MURI mencatat sesuatu yang terukur yaitu sebagai peristiwa Superlatif yang terbanyak," ujar Awan, Sabtu (27/3/2021).

Ia mengatakan dan hingga hari ini Relawan telah berhasil mengumpulkan lebih dari 4.000 kantong darah pada situasi pandemi dan juga pada situasi untuk menyambut bulan Ramadhan.

"Oleh karenanya peristiwa bersejarah hari ini dengan bangga MURI mengapresiasi setinggi-tingginya pada pencapaian peristiwa rekor," Cakapnya.

Sementara itu, Dirmanto Chang selaku Ketua Pelaksana Relawan Peduli Covid-19 Riau menyampaikan rasa syukurnya atas pencapaian tersebut.

"Kami dari Relawan Peduli Covid-19 Riau sangat bersyukur, karena apa yang kita kerjakan selama seminggu ini sudah berhasil melebihi target 3.000 kantong. Sampai pagi tadi kita sudah berhasil mengumpulkan 4.004 kantong darah," sebutnya.

Ia mengatakan hari ini adalah hari terakhir kegiatan donor darah dan kegiatan ditinjau oleh perwakilan MURI dan mereka mencatat 4.004 kantong ini sudah melebihi rekor MURI yang ada.

"Sehingga kita Relawan Peduli Covid-19 Riau dianugerahi penghargaan MURI yang kedua kalinya," sebut Dirmanto.

Dikatakan Dirmanto lagi, selain melakukan donor darah, dalam kegiatan tersebut, Relawan Peduli Covid-19 Riau juga melaksanakan donor plasma konvalesen. Dimana pendonor adalah orang yang telah sembuh dari covid-19.

"Kita juga ada penjaringan donor plasma konvalesen, dan pada hari keenam kemarin sudah ada 52 orang dan berhasil untuk diambil darahnya adalah 18 orang. Ada beberapa item yang diteliti oleh PMI Kota Pekanbaru, jadi tidak semua penyintas covid-19 bisa diambil plasma konvalesennya," sebutnya.

Pada kesempatan tersebut tak hanya Relawan Peduli Covid-19 saja yang menerima penghargaan dari MURI, Pemerintah Kota Pekanbaru dan Pemerintah Provinsi Riau juga mendapatkan penghargaan dari MURI.


Tulis Komentar