Dunia

Patut Diacungi Jempol, Dokter Tetap Lanjutkan Operasi Jantung Meski Rumah Sakit Kebakaran

Ilustrasi.

GILANGNEWS.COM - Sebuah rumah sakit di Rusia terbakar ketika tim medis sedang melakukan operasi jantung. Meski situasi gawat, dokter dan timnya tetap melanjutkan operasi hingga selesai.

Dokter memutuskan untuk tetap melanjutkan operasi bypass jantung karena baginya nyawa pasien tak kalah penting.

Menyadur Daily Mail Sabtu (03/04) petugas medis baru saja membuka dada pasien tersebut ketika kebakaran melanda rumah sakit berusia 114 tahun tersebut.

Kepala ahli bedah Valentin Filatov, 29, menolak untuk mengevakuasi ruang operasinya meskipun api dan asap mengamuk di seluruh gedung.

"Kami takut, tentu saja. Kami juga manusia tapi kami tak bisa pergi, kami harus menyelamatkan pasien itu. Kami melanjutkan operasi, apa lagi yang bisa Anda lakukan?"

Menurut dokter Filatov, itu adalah cangkok bypass arteri koroner, salah satu operasi jantung yang paling kompleks.

Petugas medis menggunakan kipas angin untuk menjaga agar asap tak masuk ke dalam ruang operasi dan mengalirkannya ke kabel listrik untuk menjaga ruangan tetap tersuplai listrik.

Walikota Oleg Imameev memuji aksi heroik tim bedah ini karena mempertaruhkan nyawa dan tetap di pos mereka di ruang operasi, di Pusat Kardiologi Akademi Medis Negeri Amur.

"Tidak ada pengambilan keputusan tentang itu. Operasi itu harus dilanjutkan. Kami menyelesaikannya secara penuh."

Petugas pemadam kebakaran membutuhkan lebih dari dua jam untuk memadamkan api di rumah sakit era tsar yang dibangun pada tahun 1907 itu.

Kementerian mengatakan 128 orang dievakuasi dari rumah sakit saat kebakaran terjadi. Tidak ada korban yang terluka dan pasien dilarikan ke rumah sakit terdekat.


Tulis Komentar