Riau

Kawanan Gajah 'Obok-obok' Kebun Sawit Warga Pelalawan

Loading...

GILANGNEWS.COM - Kawanan Gajah kembali membuat warga di Kabupaten Pelalawan resah lantaran kebun kelapa sawit dirusak oleh hewan bertubuh bongsor tersebut.

Demikian yang dialami oleh masyarakat di Dusun Tambun, Kelurahan Pangkalan Lesung, Kecamatan Pangkalan Lesung, Senin (5/4/2021). Dilaporkan, berbagai jenis tanaman pangan, termasuk kebun kelapa sawit milik warga setempat berumur sekitar dua tahunan bertumbangan.

Di lokasi tanaman kebun kelapa sawit ini, ditemukan pula bekas kotoran hewan yang dilindungi undang-undang, berserakan di berbagai titik. Tidak itu saja, pokok kelapa sawit yang dirusak juga ditemukan di berbagai titik.

"Diperkirakan subuh, tadi masuknya, dan merusak kebun sawit milik warga kami. Sawit yang dirusak ditemukan di beberapa titik," terang warga dusun Tambun, Kelurahan Pangkalan Lesung, Kecamatan Pangkalan Lesung, Rahmad, Senin (5/4/2021).

Loading...

Diperkirakan kata Rahmad, Gajah yang merusak kebun kelapa sawit di Dusun Tambun ini, lebih satu ekor.

"Diperkirakan lebih dari satu ekor dan saat ini, masih bertahan di sekitaran lokasi. Ada juga tadi warga melihat ia bermain di bantaran Sungai Batang Napuh," jelasnya.

Di tempat terpisah Kepala Wilayah I Balai Besar KSDA Riau, Hansen Siregar sudah mendapatkan laporan bahwa Gajah ini masuk dan merusak tanaman warga di dusun Tambun, Kecamatan Pangkalan Lesung. Ia menjelaskan lokasi tersebut merupakan daerah lintasannya.

"Sudah dapat laporan, memang di situ merupakan lintasannya. Upaya kita adalah menurunkan tim untuk menghalau Gajah, masuk ke tempat habitatnya, di kawasan TNTN," tandasnya, singkat.


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar