Riau

Rahima Tersenyum Mendengar Nama Syahrial

Rahima Erna

GILANGNEWS.COM- Kepala Biro Tata Pemerintahan Setdaprov Riau Rahima Erna masih rahasiakan siapa tiga pejabat tinggi pratama Riau yang diusulkan menjadi calon Penjabat (Pj) Bupati Kampar, yang berakhir pada 11 Desember mendatang.
 
"Yang jelas tiga pejabat tinggi pratama yang diusulkan tentu memiliki kompetensi dibidangnya. Kemudian memiliki latar belakang dalam memimpin Kampar," kata Rahima, usai mengikuti senam bersama di Stadion Utama Riau, Kamis (24/11/16).
 
Menyinggung satu nama yang juga pernah bertugas di Kampar, yakni Syahrial Abdi yang saat ini menjabat Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Riau, Erna hanya tersenyum.
 
Erna lantas hanya berujar kalau tiga nama tersebut sudah melalui serangkaian pertimbangan oleh Gubernur Riau Arasyadjuliandi Rachman yang saat ini sudah dikirim ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).
 
"Yang jelas sedang diproses di Kemendagri, nama-nama yang cocok, backroundnya tentu disesuaikan dengan kompetensi. Tentu bisa memimpin juga, karena tugas seorang Pj ini hampir sama beratnya seperti bupati definitif ", ucap Erna.
 
Beberapa diantara tugas berat seorang Pj Bupati Kampar nantinya, yakni mengawal pelaksanaan perda APBD, melatik Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang baru. Menjaga netralitas pegawai selama Pilkada Kampar berjalan.

Meminimalisir terjadinya tindak pelanggaran dari proses Pilkada itu sendiri termasuk soal kemanan dan pelayanan terhadap masyarakat Kampar secara umum.
 
"Jadi ini memang tidak mudah, hampir sama beratnya seperti bupati definitif. Diantaranya mengawal proses Pilkada berlangsung, bagaimana menjaga netralitas pegawainya. Tujuannya agar pemimpin baru nanti benar-benar memiliki integritas yang kuat terhadap daerah yang dipimpinnya," papar Erna.
 
Untuk akhir masa jabatan Bupati Kampar yang saat ini masih dipimpin Jefri Noer, adalah pada 11 Desember. Namun karena kebetulan pada 11 merupakan hari libur dan pada 12 libur nasional, sebagaimana dilansir faktariau.com, lalu dijadwalkan pelantikan Pj Bupati pada 14 Desember.
 
"Menjelang dilantiknya Pj Bupati terhitung akhir masa jabatan Bupati Kampar selesai, ditunjuk seorang Pelaksana Harian (Plh) untuk mengisi kekosongan dalam hal ini Sekda Kampar," ungkapnya.***
 


Tulis Komentar