Nasional

Waspadai Hujan Lebat, Kilat, Petir dan Angin Kencang Tiga Hari ke Depan

ilustrasi

GILANGNEWS.COM- Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Yunus S. Swarinoto menyampaikan adanya indikasi potensi hujan lebat disertai kilat, petir, dan angin kencang di sebagian wilayah Indonesia selama tiga hari ke depan.

“Hal ini terlihat dari pantauan atmosfer terkini,” kata Yunus secara tertulis, Kamis (24/11/2016).

Untuk Sumatera, wilayah yang terindikasi hujan lebat disertai petir akan menghampiri beberapa provinsi, seperti Aceh, Sumatera Utara bagian utara, Sumatera Barat, serta Lampung bagian barat dan utara.

Di Pulau Jawa, sebagaimana dilansir tempo.com, kondisi ini akan terjadi di beberapa titik, di antaranya Banten; bagian selatan wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Tangerang; Jawa Barat bagian barat dan selatan; Yogyakarta; Jawa Tengah; dan Jawa Timur.

Kondisi serupa juga akan menghampiri Kalimantan, yaitu Kalimantan Utara; Kalimantan Timur bagian utara; Kalimantan Barat bagian utara; Sulawesi Barat; dan Sulawesi Selatan. Cuaca ekstrem itu juga akan melanda Papua bagian utara.

Yunus mengimbau agar masyarakat waspada dan berhati-hati terhadap dampak dari cuaca ekstrem itu, seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang, serta jalan licin. Selain itu, Yunus mengingatkan, bagi pengguna dan operator jasa transportasi laut, nelayan, dan masyarakat di wilayah pesisir, diimbau untuk mewaspadai potensi gelombang tinggi.

“Gelombang tinggi diperkirakan berada pada 2,5-4,0 meter di Samudra Hindia selatan dan Sumatera hingga selatan Jawa,” ujar Yunus.

BMKG membuka layanan informasi cuaca selama 24 jam melalui call center (021) 6546318. Masyarakat juga bisa langsung mengakses www.web.meteo.bmkg.go.id. Informasi juga bisa didapat dengan langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.***


Tulis Komentar