Legislator

Banjir Pekanbaru Mulai Surut, DPRD Minta Pemko Segera Cari Solusi Kedepannya

Tampak dari atas kondisi banjir yang menggenangi Kota Pekanbaru beberapa waktu lalu

GILANGNEWS.COM – Beberapa minggu belakangan ini hampir sebagian daerah di Kota Pekanbaru dilanda banjir, namun saat ini sudah mulai surut dengan adanya penanganan yang dilakukan oleh Pemko Pekanbaru.

Menanggapi persoalan bencana musiman ini, Ketua DPRD Kota Pekanbaru Hamdani meminta kepada Pemko untuk dapat memaksimalkan semua potensi yang ada untuk dapat mengatasi masalah banjir Pekanbaru.

Diakui, masalah banjir yang terjadi di Pekanbaru ada banyak penyebabnya. Mulai dari pengawasan pembangunan yang kurang maksimal menyebabkan banyak persoalan, mulai dari dampak drainase yang kurang menjadi perhatian utama setiap pembangunan terjadi, lalu anak sungai menjadi sempit dampak dari sembarangan membuang sampah, dan penyebab lainnya.

"Pemko harus maksimal memberikan solusi, jangka pendek, menengah, dan jangka panjang untuk menyelesaikan banjir, " ujar Hamdani kepada wartawan, Selasa(4/5).

Yang menjadi penting kata Politisi PKS ini perlu nya Pemko melakukan pengerukan parit-parit, dan anak sungai. "Ini menjadi hal yang harus segera dibenahi oleh Pemko, " saran Hamdani lagi.

Sebelumnya Pemko Pekanbaru melalui Wakil Wali Kota, Ayat Cahyadi, menegaskan, bahwa Pemerintah sudah sangat ingin menyelesaikan persoalan banjir ini, ini dibuktikan dari sudah adanya masterplan banjir yang kini tinggal dijalankan.

Hanya saja, semua itu terkendala oleh anggaran. Namun itu diharapkan tidak menjadi alasan oleh DPRD, karena bisa di selesaikan lewat koordinasi dan sharing anggaran, baik provinsi, pusat maupun swasta.

"Iya, kendala klasik. Pemko harus lebih kreatif untuk menjalankan solusi dari masterplan yang ada  dengan sesuai kondisi keuangan yang ada, " ujarnya.


Tulis Komentar