Legislator

Rumah Warga Nyaris Roboh Akibat Terjangan Air, Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Langsung Turun Ke Lokasi

Wakil Ketua DPRD Pekanbaru T Azwendi Fajri SE (kanan) bersama warga, saat meninjau rumah di Jalan T Bey Gg Kharisma RT4/ RW1 Kelurahan Air Dingin, Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru, yang terancam ambruk, akibat longsor terjangan air dari luapan drainase, Sel
Loading...

GILANGNEWS.COM - Satu unit rumah milik Nurmaini di Jalan T Bey, Gg Kharisma RT4/ RW1 Kelurahan Air Dingin, Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru,  terancam ambruk. Kondisi ini terjadi, akibat longsor terjangan air dari luapan drainase, Selasa (18/5/2021). 

Wakil Ketua DPRD Pekanbaru T Azwendi Fajri SE, terenyuh melihat kondisi yang dialami warga tersebut saat melihat langsung ke lokasi. Sebab, selain dipastikan menimbulkan kerugian materil, juga bisa mengancam keselamatan penghuni rumah. 

Pantauan di lapangan, kondisi rumahnya tersebut sudah miring ke depan, karena tanah pondasinya amblas, karena derasnya terjangan air. Bahkan bibir rumahnya sudah patah dan menyatu dengan drainase. 

Saat ini, pemilik rumah dan keluarganya, sudah mengungsi di rumah keluarga terdekatnya.

Loading...

"Kami sangat empati melihat kondisinya. Kalau tidak dibantu segera, bisa amblas semuanya. Saya minta pihak terkait segera membantunya, ini unsur sosial dan kemanusiaan," kata T Azwendi sekaligus memberi bantuan kepada korban. 

Politisi senior Partai Demokrat ini mengharapkan, agar Azwendi kedepan pihak terkait harus bisa melakukan langkah langkah penanganan cepat. Terutama Dinas Sosial, agar bisa mendorong memberikan bantuan kepada masyarakat, yang terdampak bencana.

Menurut laporan warga dan pantauan di lapangan, sebut Azwendi, penyebab utama longsor akibat banjir di lokasi ini,  karena curah hujan yang sangat tinggi. Bencana itu juga dipengaruhi pertemuan arus sungai atau aliran air, menjadi penyebab air tertahan ke hilir dan meluap ke wilayah sekitarnya.

"Ini soal pendangkalan dan penyempitan aliran air, harus segara di tuntaskan permasalahnnya. Jangan sampai ada lagi rumah yang seperti itu. Karena di lokasi tersebut, ada beberapa rumah warga lagi yang berpotensi ambruk,” terangnya. 

Dari potret rumah nyaris amblas di Kelurahan Air Dingin ini, Azwendi menghimbau kepada warga agar selalu waspada. Terutama bagi mereka yang menempati kawasan di bantaran aliran sungai.

"Pak RT, RW dan Lurah setempat, agar bisa mendata ini. Paling tidak, ada langkah antisipasi sebelum terjadi," pintanya. 


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar