Legislator

Hearing dengan Komisi III, Dinkes Minta Dukungan Politik untuk Penambahan Vaksin dari Pusat

Dinkes Pekanbaru melakukan Hearing bersama komisi III DPRD Pekanbaru

GILANGNEWS.COM - Komisi III DPRD Pekanbaru menggelar rapat kerja dengar pendapat (hearing), dengan Diskes Pekanbaru, Selasa (10/8/2021). Hearing dipimpin Ketua Komisi III DPRD Yasser Hamidy, di dampingi Wakil Ketua Komisi III Ervan, Sekretaris Komisi III Jepta Sitohang, serta anggota Komisi III Zulkarnain SE MSi. 

Sementara dari Diskes Pekanbaru, dihadiri langsung Plt Kepala Diskes Pekanbaru Arnaldo Eka Putra, serta para kepala bidang. 

Plt Kepala Diskes Pekanbaru Arnaldo Eka Putra menjelaskan, bahwa percepatan vaksinasi covid-19 di Pekanbaru, terkendala dengan stok vaksin yang terbatas. 

Sehingga tingginya animo masyarakat belakangnya ini, untuk mengikuti vaksin menjadi masalah dalam capaian herd immunity. 

Dalam kesempatan ini juga, Dinkes mengharapkan, adanya dukungan lewat jalur politik dari DPRD Kota Pekanbaru ke DPRD Provinsi Riau, dan juga DPR RI, supaya Pekanbaru menjadi prioritas dengan status level 4, yang kini diperpanjang hingga 23 Agustus mendatang. 

"Kawan-kawan di komisi III minta informasi tentang tindaklanjut percepatan penanganan covid-19 di Pekanbaru. Ini juga mempertanyakan soal kondisi vaksinasi yang saat ini stok terbatas karena harus menunggu kuota dari pusat yang di kirim ke provinsi, " kata Arnaldo. 

Semua persoalan terkait vaksinasi dan juga penanganan covid-19 sudah disampaikan ke Komisi III. Dan disampaikan juga Komisi III mendukung apa-apa yang menjadi kewenangan Dinas untuk penanganan covid-19 dan kebijakan vaksinasi. 

Ditegaskannya juga, bahwa saat ini tidak lagi bicara soal aturan prokes. "Karena itu kita anggap sudah sangat sering didengungkan. Tapi sekarang, kita minta dukungan dari DPRD Kota Pekanbaru khususnya, agar membantu percepatan dan penanganan covid-19 ini melalui jalur politik," paparnya. 

Dengan minta dukungan jalur politik, diharapkan dapat memperjuangkan jatah vaksin untuk Pekanbaru bisa menjadi skala prioritas dari daerah lain. Lebih dari itu, pihaknya meminta semua pihak harus saling peduli untuk membantu. 

"Dengan jalur birokrasi, Pak Wali Kota sudah bersurat ke Pak Menteri soal vaksinasi. Kami berharap ada dukungan dari anggota DPRD," tambahnya. 

Untuk perolehan tambahan vaksinasi ini disampaikan Arnaldo, pihaknya sifatnya menunggu, dari jumlah yang diminta ke Provinsi. "Kendala persoalan vaksin kami juga tidak tahu persis," tuturnya. 

"Saat ini persentase vaksinasi, baru sekitar 40 persen, target kita sebelum Desember sudah 100 persen selesai, " sebutnya. 

Menanggapi hal ini, Anggota Komisi III Zulkarnain menegaskan, dari hasil pemaparan Diskes, bahwa kebutuhan Pekanbaru untuk vaksin cukup tinggi. Harusnya angka yang diminta harus dipenuhi. 

"Dibuktikan dari animo masyarakat untuk vaksinasi tinggi. Saya akan lakukan komunikasi dengan wakil kami di DPR RI untuk dukungan ini," sebutnya. 

Diakuinya, untuk meyakinkan pusat, memang harus ada perjuangan lewat jalur politik, meski jalur birokrasi sudah dijalankan. 

"Insya Allah segera kami lakukan itu, agar semua lini bisa bergerak" janji Zulkarnain. 

Lebih lanjut disampaikan politisi PPP ini, cara ini yang dapat dilakukan upaya membantu Pemerintah dalam percepatan vaksinasi dan juga penanganan covid-19. 

Karena menurut Zulkarnain, kalau bukan wakil rakyat yang ikut membantu mendorong percepatan vaksinasi ini, siapa lagi. "tentu harus memikirkan nasib daerah sendiri," paparnya. 


Tulis Komentar