Legislator

Cegah 'Panic Buying' Oksigen, Diskes Pekanbaru akan Terbitkan SE

Ilustrasi

GILANGNEWS.COM - Guna mengantisipasi kelangkaan oksigen di Pekanbaru, Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru berencana akan mengeluarkan Surat Edaran (SE).

"Bagi masyarakat yang membeli (oksigen) di apotek-apotek itu harus punya rekomendasi dari dokter yang merawatnya," cakap Plt Kepala Diskes Pekanbaru, Arnaldo Eka Putra, Kamis (12/8/2021).

Lanjut Naldo, SE ini guna menghindari terjadinya kegaduhan akibat meningkatnya kasus Covid-19 dan 'panic buying' di tengah masyarakat.

Naldo juga mengatakan bahwa Diskes Pekanbaru sudah mengajukan permohonan kepada Walikota Pekanbaru agar kuota tabung oksigen yang ada di Kota Pekanbaru bisa dipersiapkan.

Dia juga mengatakan berdasarkan perhitungannya, kebutuhan oksigen perbulannya di Pekanbaru masih kurang.

"Karena memang, secara hitungan yang saya sampaikan tadi kita masih ada minus terkait kebutuhan oksigen di Pekanbaru perbulannya," ujarnya.

Namun untuk obat-obatan pasien yang terjangkit Covid-19, Naldo menegaskan bahwa stok ketersediaan obat-obatan di Kota Pekanbaru masih mencukupi.

"Dari hitungan kita, masih bisa memenuhi kebutuhan Kota Pekanbaru sampai 2-3 bulan ke depan. Sambil kita meminta bantuan ketersediaan obat yang baru ke Provinsi dan Pusat," tutupnya.


Tulis Komentar