Nasional

Habib Bahar vs Ryan Jombang Gegara Duit, Ditjen Pas Diminta Evaluasi Lapas

Foto: Taufik Basari (Dok. Istimewa)

GILANGNEWS.COM - Fenomena pinjam meminjam uang muncul akibat adanya pertikaian antara Ryan Jombang dengan Habib Bahar bin Smith di Lapas Gunung Sindur. Ryan Jombang itu diketahui meminjamkan uang kepada Bahar hingga berujung perselisihan.

Anggota Komisi III DPR Taufik Basari meminta kejadian itu harus diusut tuntas. Menurutnya, perlu juga diketahui latar belakang yang menjadi penyebab perselisihan itu.

"Harus dilakukan pengusutan atas kejadian ini dan yang bersalah harus diberikan sanksi yang tegas. Jika dibiarkan maka kejadian seperti ini akan dianggap biasa dan terus terjadi. Selain itu juga harus ditelusuri latar belakang masalahnya untuk dilakukan pembenahan ke depan," kata Taufik, kepada wartawan, Kamis (19/8/2021).


"Apabila yang menjadi masalah karena pinjam meminjam uang mesti diusut dalam konteks apa adanya peminjaman uang, untuk keperluan apa, apakah terdapat dugaan pemerasan dan sebagainya," lanjutnya.

Selain itu, politikus NasDem ini juga meminta Ditjen Lapas untuk dievaluasi. Hal itu guna menghindari penyelewengan praktik di dalam lapas.

"Jika ditemukan praktek-praktek yang tidak benar maka Ditjen Lapas harus melakukan evaluasi terhadap sistemnya. Semua warga binaan harusnya memperoleh fasilitas dan perlakuan yang sama. Prinsip perlakuan yang sama ini juga merupakan bagian dari pembinaan," ucap Taufik.

Jangan sampai menurutnya, terjadi ketimpangan di dalam lapas antarnarapidana. Lapas kata Taufik, harus menjadi tempat pembinaan dan perbaikan diri bagi narapidana.

"Pihak Lapas harus mencegah lapas menjadi ajang yang kaya menyingkirkan hak yang miskin, yang kuat menindas yang lemah. Jangan sampai juga lapas malah menjadi sekolah kejahatan tempat orang belajar kejahatan. Lapas harus benar-benar mampu menjadi sekolah pertobatan dan sekolah perbaikan diri karena itulah hakikat dari sistem pemasyarakatan. Ini tantangan bagi lapas dan kita harus dukung upaya-upaya perbaikan agar terdapat reformasi lapas," tuturnya.

Sebelumnya, Ryan Jombang dijotos Habib Bahar bin Smith di Lapas Gunung Sindur gegara duit. Pria bernama asli Very Idham Henyansyah itu diketahui meminjamkan uang kepada Bahar yang berujung perselisihan.

Kuasa Hukum Ryan, Kasman Sangaji mengatakan kalau Ryan Jombang mendapatkan uang hasil pemberian keluarganya. Menurut dia, setiap kali keluarganya menjenguk, Ryan kerap diberi uang. Duit itulah yang kemudian dikumpulkan oleh Ryan.

"Nah uang tabungan selama ini ibunya yang kasih. Namanya kehidupan di dalam (lapas) kan pasti ada kebutuhan untuk beli sabun dan sebagainya," kata Kasman.

Kasman menambahkan uang yang dikumpulkan Ryan Jombang itulah kemudian dipinjam oleh Bahar. Menurut dia, Bahar kerap meminjam uang untuk kebutuhan sehari-hari Bahar.

"Pinjam uangnya untuk sehari-hari," ucapnya.

Permasalahan itulah yang disebut menjadi pemicu Ryan Jombang ditinju Bahar. Menurut Kasman, Ryan menagih utangnya yang tak kunjung dikembalikan oleh Bahar.


Tulis Komentar