Nasional

Putin Minta Dunia Cegah Runtuhnya Afghanistan Usai Dikuasai Taliban

Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: Alexei Nikolsky, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)

GILANGNEWS.COM - Presiden Rusia Vladimir Putin meminta komunitas global untuk mencegah "runtuhnya" negara Afghanistan setelah dikuasai kelompok Taliban.

"Gerakan Taliban menguasai hampir seluruh wilayah negara itu," kata Putin pada konferensi pers bersama Kanselir Jerman Angela Merkel di Kremlin.

"Ini adalah kenyataan dan dari kenyataan inilah kita harus melanjutkan, mencegah runtuhnya negara Afghanistan," imbuhnya seperti diberitakan kantor berita AFP, Sabtu (21/8/2021).

Putin dan Merkel mengatakan pembicaraan mengenai Afghanistan mendominasi selama kunjungan kerja terakhir pemimpin Jerman itu ke Rusia.

Putin juga mengkritik "kebijakan tidak bertanggung jawab" yang memaksakan "nilai-nilai luar" di Afghanistan yang dilanda perang.

"Anda tidak bisa memaksakan standar kehidupan politik dan perilaku pada orang lain dari luar," cetus Putin.

Presiden Rusia itu juga menyoroti pentingnya mencegah "teroris" memasuki negara-negara tetangga dari Afghanistan, termasuk "dengan kedok pengungsi".

Moskow telah optimis tapi hati-hati tentang kepemimpinan baru di Kabul dan mencoba menjalin kontak dengan Taliban, dalam upaya untuk menghindari ketidakstabilan yang meluas ke negara-negara tetangga bekas Uni Soviet.

Kremlin dalam beberapa tahun terakhir telah menjangkau Taliban - yang dilarang sebagai kelompok "ekstremis" di Rusia - dan menerima kedatangan perwakilannya di Moskow beberapa kali, terakhir bulan lalu.


Tulis Komentar