Legislator

Curi Start, DPD PKS Pekanbaru Ganti Ketua Fraksinya, Penyebabnya Bikin Urut Dada

Ketua DPD PKS Pekanbaru Ahmiyul Rauf
Loading...

GILANGNEWS.COM - Di tengah tensi politik lagi tinggi di DPRD Pekanbaru, DPD PKS Pekanbaru membuat terobosan dengan curi start. Secara mengejutkan, Ketua Fraksi PKS DPRD Pekanbaru yang dijabat Firmansyah Lc diganti. 

Padahal, jabatan yang diduduki Firmansyah baru sekitar dua tahun. Penggantinya dipercaya kepada Sabarudi ST. 

Praktis Firmansyah hanya menjabat selaku Ketua Fraksi PKS selama dua tahun  (September 2019-2021). Sementara untuk 6 fraksi lainnya di DPRD Pekanbaru, belum ada pergantian jajaran alat kelengkapan fraksi. Biasanya pergantian alat kelengkapan dewan dilakukan 2,5 tahun 

Saat dikonfirmasi Gilangnews.com Kamis (9/8/2021), apa alasan partai mengganti dirinya, Firmansyah yang juga anggota dewan yang duduk di Komisi I tersebut, tidak tahu pasti. 

Loading...

"Saya tak tahu (alasan pergantian), mungkin saja karena saya kurang aktif membela anggota Fraksi, contohnya saat Ketua DPRD Pekanbaru Hamdani dibuat mosi tak percaya dan waktu itu saya tidak ada ditempat" katanya. 

Disinggung apakah pergantian ini merupakan langkah maju bagi sosok Firmansyah untuk menjadi Ketua DPRD Pekanbaru, Anggota DPRD Dapil Rumbai dan Rumbai Pesisir tersebut, menjawab diplomatis . 

" Mungkin saja, kalau kita lihat alur ceritanya, karena ada mosi tak percaya dari anggota kepada Ketua DPRD, tentu partai harus mencari pengganti. Sebelumnya tentu dilakukan pergantian Ketua Fraksi terlebih dahulu. Kalau masih digoyang juga Ketua DPRD ini tentu disiapkan yang baru lagi," kata Firmansyah dengan nada bergurau.

Ketua DPD PKS Pekanbaru Ahmiyul Rauf  saat dikonfirmasi membenarkan adanya pergantian Ketua Fraksi PKS DPRD Pekanbaru. Pergantian ini juga sudah melalui mekanisme dan rapat internal di partai. 

Dijelaskan, bahwa semua kader PKS yang duduk di DPRD Pekanbaru, dinilai sudah bekerja maksimal. Mereka semuanya merupakan kader terbaik. 

Adanya pergantian tersebut dilakukan partai, karena partai ingin menempatkan kader yang lebih berpengalaman lagi, sehingga nama PKS lebih baik lagi ke depannya. 

"Pak Firmansyah itu sudah bekerja sangat baik. Tapi sekarang Pak Sabarudi itu kami nilai punya pengalaman di DPRD Pekanbaru, karena dia kan paling senior (sebelumnya pernah duduk sebagai anggota DPRD). Makanya ada pergantian ini. Yang jelas, mereka semuanya terbaik," sebutnya seraya mengibaratkan pergantian ini seperti pemain sepakbola, pelatih ingin menempatkan pemain yang sesuai dengan spesialisnya. 

Ditegaskannya, bahwa pernyataan yang sudah dirilis ini, bisa menjawab simpang siur di lapangan, tentang pergantian Ketua Fraksi PKS DPRD Pekanbaru ini. 

Disinggung apakah ada kasus atau persoalan sehingga Firmansyah dicopot, Ahmiyul Rauf menegaskan, bahwa di tubuh Fraksi PKS DPRD Pekanbaru tidak ada permasalahan. 

"Tidak ada, tidak ada. Semua aman-aman saja," katanya. 

Terpisah, Plt Sekretaris DPRD Pekanbaru Badria Rikasari MSi menjelaskan, mengenai pergantian ini, pihak sekretariat belum menerima surat resmi dari Fraksi PKS. 

"Untuk surat pergantian Ketua Fraksi PKS, kami sekretariat belum ada terima sampai saat ini," katanya singkat. 

Sekadar diketahui, jumlah kursi PKS di DPRD Pekanbaru sebanyak 8 kursi, sehingga menjadikan PKS duduk sebagai Ketua DPRD Pekanbaru. 


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar