Legislator

Pandangan Umum Fraksi, DPRD Pekanbaru Soroti Pemotongan Honor dan Pengadaan Mobil Dinas

Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri.

GILANGNEWS.COM - DPRD Pekanbaru menyampaikan pandangan umum fraksi nota keuangan dan rancangan peraturan daerah Kota Pekanbaru tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Pekanbaru Tahun Anggaran 2021, Selasa (28/9/2021).

Di dalam rapat itu, ada beberapa kegiatan yang disoroti legislatif. Seperti pemotongan honor hingga pengadaan mobil dinas. "Maka dari itu, kita minta kepada pemerintah untuk segera memberikan jawaban terhadap pandangan umum fraksi tersebut," kata Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri.

Wendi menyebut sudah mengagendakan Pemerintah Kota untuk menjawab seluruh pandangan fraksi. Kata dia, setiap fraksi pandangannya berbeda-beda.

"Artinya mengenai pemotongan honor ini sebenarnya kan bukan suatu hal yang umum, bukan kebijakan yang baik. Tapi mungkin dari sisi pemerintah, kami menyarankan untuk mempertimbangkan kembali," jelasnya.

Tapi, kata dia, kondisi ini sudah dilaporkan ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah atau TAPD ke DPRD, bahwa ekonomi sedang sulit dan pendapatan jauh merosot.

"Kita melaksanakan PPKM, seluruh aktivitas perekonomian kita macet. Pendapatan Pekanbaru salah satunya jasa, terjadi stagnan. Penerimaan kita, sektor pajak juga sangat menurun," jelasnya.

Selain persoalan itu, DPRD juga menyoroti pengadaan mobil dinas di lingkungan Pemko Pekanbaru. Namun, Ia mengaku belum cek seperti apa detail pengadaan kendaraan dinas itu.

"Berkaitan dengan pengadaan mobil dinas kita akan koordinasi lagi dengan Ketua TAPD, seperti apa. Saya belum cek detailnya. Tapi sebaiknya, kalau ada mobil dinas yang masih layak gunakan saja," jelasnya.

Namun, Ia menyarankan agar mengoptimalkan saja kendaraan yang ada. Apalagi banyak aset berupa mobil dinas yang dikuasai pihak luar

"Aset-aset kita banyak dikuasai pihak luar, saya minta optimalisasi aset kita khususnya kendaraan dinas. Sehingga bisa kita data ulang sesuai peruntukannya," jelasnya.


Tulis Komentar