Nasional

Epidemiolog Ungkap Tiga Syarat Menuju Endemi Covid-19

Sejumlah warga menunggu giliran untuk menjalani swab antigen.

GILANGNEWS.COM - Ahli epidemiologi dari Universitas Andalas Sumatera Barat Defriman Djafri mengungkap tiga syarat menuju endemi Covid-19. Dia mengatakan imunisasi Covid-19, protokol kesehatan (prokes), dan 3T (pengujian, pelacakan kontak, dan perawatan) menjadi kunci mengubah status Covid-19 dari pandemi menuju endemi.

"Ini menjadi kunci dan juga bekal untuk kita hidup berdampingan dengan Covid-19," kata Defriman saat dihubungi Antara di Jakarta, Jumat (1/9).

Defriman menuturkan imunisasi Covid-19, protokol kesehatan, dan 3T juga merupakan fondasi untuk bisa hidup berdampingan dengan Covid-19. Untuk itu, fondasi tersebut perlu dijadikan sebagai kebiasaan baru dalam kehidupan setiap warga di Indonesia untuk dapat mengakhiri pandemi Covid-19.

"Kalau fondasi ini sudah menjadi kebiasaan baru, pandemi akan berakhir dengan sendirinya," ujar Defriman.

Agar dapat hidup berdampingan dengan Covid-19 dan menuju endemi, harus diupayakan penekanan dan pengendalian kasus Covid-19 serta pencegahan kasus baru Covid-19. "Banyak orang bertanya kapan pandemi berakhir. Jawabannya ketika kebiasaan baru dalam menerapkan protokol kesehatan sudah benar-benar terbentuk di masyarakat," tutur Defriman.

Selain itu, untuk mencegah gelombang ketiga Covid-19, Defriman mengatakan saat ini ada dua hal utama yang harus dimaksimalkan. Dua hal tersebut yakni pengawasan protokol kesehatan di setiap aktivitas dan menggenjot cakupan vaksinasi Covid-19 agar bisa di atas 70 persen.


Tulis Komentar