Nasional

Jokowi Resmikan RS Jendral TNI LB Moerdani di Merauke, Untuk Covid-19 dan Pon XX

Presiden Joko Widodo(Jokowi).

GILANGNEWS.COM - Presiden Joko Widodo meresmikan Rumah Sakit Modular Jenderal TNI LB Moerdani di Merauke, Papua, Minggu (3/10/2021).

"Alhamdulillah pada sore hari ini pembangunan RS Jenderal TNI LB Moerdani sudah selesai dan siap dimanfaatkan untuk melayani masyarakat, utamanya masyarakat di Kabupaten Merauke," kata Jokowi melalui tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Minggu. Jokowi mengatakan, RS Jenderal TNI LB Moerdani dibangun dengan sangat cepat yakni sekitar 20 hari.

Rumah sakit tersebut awalnya dibangun untuk memfasilitasi pasien Covid-19 di Merauke. Namun, karena kasus virus corona di Indonesia belakangan sudah melandai, RS itu juga difungsikan untuk mendukung pelaksanaan PON XX Papua.

"Selain untuk mendukung pelaksanaan PON ke-20 di Papua ini nanti juga bisa dimanfaatkan pasca PON untuk melayani seluruh masyarakat yang ada," ucap Jokowi.

Rumah Sakit Jenderal TNI LB Moerdani dilengkapi dengan sejumlah fasilitas, mulai dari ruang rawat inap isolasi, karantina, laboratorium, instalasi gawat darurat (IGD), kamar operasi atau OK, radiologi, hingga farmasi.

Fasilitas-fasilitas tersebut, kata Jokowi, sangat dibutuhkan untuk membantu penanganan pasien di rumah sakit menjadi lebih cepat, mudah, dan terjangkau.

Apalagi, di masa pandemi seperti sekarang ini fasilitas kesehatan di semua negara sangat krusial, terutama di daerah-daerah yang sulit tejangkau.

"Saya berpesan agar RS ini dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk melayani seluruh masyarakat dengan pelayanan yang cepat dan nyaman," kata Presiden.


Tulis Komentar